Pengertian Marketing

Aku bukan ahli marketing tapi gak ada salahnya kan posting tentang tema ini. Mari kita mulai dengan mengulas tentang Pengertian Marketing atau Pemasaran menurut para ahli: (kenang-kenangan dari di TAku sewaktu dulu kala jaman di Polines, barang kali ada yang lagi cari tugas kuliah lalu kesasar disini terutama yang kuliah di Polines salam ya buat dosennya. *hehehe)

Menurut Kotler (2002) pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

Menurut Swasta (2002:10) pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan produk, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Menurut Chandra (2005:1) adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa dalam rangka memuaskan tujuan individu dan organisasi. Dan masih banyak lagi pengertian menurut para ahli yang lain, untuk bisa memperdalam anda bisa mempelajarinya diperpustakaan terdekat.

Menurut ahli kopi mengkopi seperti-ku pemasaran itu merupakan suatu sistem yang mencakup seluruh kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan produk, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa agar individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan sehingga tercipta suatu kepuasan. (dari apa yang para ahli baneran jelaskan, aku gabungkan).

Dari untaian tersebut sudah seharusnya pihak pemasar atau produsen membuat suatu produk yang bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen agar konsumen dapat merasa puas terhadap produk yang ditawarkan oleh pemasar. Meskipun pada kenyataanya konsumen tidak akan pernah merasa puas dan terus mencari kepuasan.

Cukup Sekian dan terimakasih, adapun daftar pustaka dari perngertian pemeasaran diatas adalah sebagai berikut (untuk info lebih lanjut hubungi perpustakaan terdekat):


  • Candra, Gregorius.2005. Strategi & Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi
  • Kotler,Philip.2002.Manajemen Pemasaran.Jakarta:Prepelindo
  • Swasta, Basu.2002.Azaz-azaz Marketing.Yogyakarta: Andi


Salam hormat,
IG @widhawatitok

Related Posts

Pengertian Marketing
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"