Tugas Pemasaran atau Marketing

Nah kini Dunia Marketing dalam BERITA’KU memasuki rona Tugas Pemasaran atau Marketing. Dalam kegiatan pemasaran ada beraneka pihak yang terlibat dengan peran dan tugasnya masing-masing. Disini akan diulas dengan singkat tugas-tugas dari pentolan pemasaran yaitu Manajer Pemasaran. Seorang Manajer Pemasaran tugasnya adalah merangsang permintaan terhadap produk perusahaan. Sebagai seorang Manajer Pemasaran sudah selayaknya memiliki kemampuan yang mumpuni dalam merangsang permintaan yang melimpah sesuai dengan harapan perusahaan. Jika anda bercita-cita menjadi seorang Manajer Pemasaran alias Marketing Manager baiknya anda peka terhadap segala tingkatan permintaan yang terjadi dalam perusahaan, berikut adalah sedikit gambaran mengenai tugas-tugas seorang manajer pemasaran dalam menangani beraneka tingkatan permintaan:  

*Permintaan Negatif alias Negative Demand= ini berarti konsumen tidak suka dan cenderung menghindar, tugas pemasaran adalah menganalisis mengapa pasar tidak suka produk itu, jika sudah menemukan alasan mengapa mereka tidak suka tugas berikutnya adalah mengubah keyakinan dan sikap pasar dengan pengertian yang sanggup meluluhkan alasan mengapa mereka tidak suka.  

*Tidak ada Permintaan alias No Demand= ini berarti konsumen tidak tertarik terhadap produk, tugas pemasar adalah sebisa mungkin menciptakan ketertarikan para konsumen dengan menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dan minat para konsumen.  

*Permintaan Menurun alias Declining Demand= ini berarti komsumen mulai tidak memakai produk yang ditawarkan, tugas pemasar adalah menganalisi factor penyebab mengapa meraka tak mengonsumsi produk kemudian berusaha mengembalikan permintaan yang sempat menurun dengan pemasaran ulang produk secara lebih kreatif agar agar permintaan kembali naik.  

*Permintaan tidak teratur alias Irregular Demand= ini berarti permintaan produk kadang rame terkadang sepi, mungkin karena pengaruh musim, jam sibuk dll. Tugas pemasar adalah mengubah pola permintaan itu melalui penentuan harga, promosi dan tindakan lain yang fleksibel sehingga mampu menciptakan permintaan yang rutin.  

*Permintaan Penuh alias Full Demand= ini berati permintaan produk aman, sehingga tugas dari pemasar adalah terus menjaga permintaan tersebut mungkin bisa melalui pertahanan atau peningikatan kualitas produk  

*Permintaan Berlebih alias Overfull Demand= ini berarti permintaan terhadap produk berlebihan yang mungkin saja membuat produsen kualahan. Tugas pemasar adalah mengurangi permintaan sementara tanpa menghancurkan misalnya dengan cara menaikan harga atau bisa juga dengan mengurangi promosi.  

*Permintaan yang tidak bermanfaat= ini mungkin berlaku bagi produk-produk yang sebenarnya tidak baik bagi konsumen semisal untuk kesehatan seperti rokok, alcohol, dll. Dalam hal ini sudah barang tentu seorang pemasar akan membuat konsumen suka terhadap produk itu dengan terobosan-terobosan bari dari produk itu. Sampai disini saja pembahasan mengenai Tugas Pemasaran atau Marketing, untuk pemahaman lebih lanjut silahkan kunjungi perpustakaan terdekat. 

Cukup sekian dan terimakasih. 

ciak...desing....jrootzzzz.... 

salam hormat dariku, 

wong_anTeng

0 comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"

Kunjungi Juga: