Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi volume penjualan. Salah satunya adalah promosi. Sudah tahukah teman-teman Arti Promosi atau Pengertian Promosi itu? Siapa saja yang memerlukan Promosi? Kenapa Promosi itu Penting? untuk apa Promosi dilakukan? bagi yang belum sempat baca silakan baca dulu Gratis diartikel sebelumnya.

Nah, kini lanjut saja Apa Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan? Adakah hubungan antara promosi dengan penjualan? Jelas saja ada, karena kegiatan pemasaran memang sangat kompleks dan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya, seperti promosi dan penjualan hendaknya dikelola dengan baik untuk mencapai tujuan perusahaan, yaitu laba atau keuntungan yang semaksimal mungkin. Promosi berfungsi untuk merangsang konsumen agar melakukan pembelian sehingga dapat meningkatkan volume penjualan.



Pada umumnya perusahaan yang ingin mempercepat proses peningkatan volume penjualan akan melakukan kegiatan promosi melalui iklan, personal selling, pemasaran langsung ataupun yang lainya. Apabila volume penjualan dirasakan cukup besar sesuai dengan yang diinginkan serta cukup mantap, biasanya perusahaan menurunkan kegiatan promosi atau sekedar mempertahankannya.

Akan tetapi seringkali terjadi penurunan penjualan sewaktu perusahaan menghentikan atau mengurangi kegiatan promosi. Hal ini disebabkan karena beberapa kemungkinan, misalnya konsumen kehilangan daya tarik, produk mulai terlupakan dan tergeser oleh produk pesaing yang masih gencar melakukan promosi dan lain-lainya.

Promosi memang sangat erat hubunganya dengan penjualan, semakin baik promosi yang dilakukan kemungkinan peningkatan volume penjualan juga semakin besar. Salah satu tujuan dari diadakannya promosi adalah untuk meningkatkan volume penjualan sehingga sudah tentu keduanya ada hubungan. Promosi berpengaruh terhadap penjualan.

Promosi penjualan perlu dilakukan meskipun secara berkala agar produk tetap dikenal dimasyarakat atau konsumen sehingga volume penjualan tetap terjaga. Promosi tak perlu dilakukan bila dirasa tidak memberikan dampak keuntungan bagi usaha bisnis, namun kenyataannya promosi bisa bisa mempengaruhi penjualan, lah maka dari itu cobalah untuk mempromosikan usaha bisnis meskin hanya dengan hal-hal yang sederhana.

Salam hormat,
IG @widhawatitok

Related Posts

Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan
4/ 5
Oleh

3 komentar

April 16, 2010 at 1:24 AM delete

pertamax...
nice blog yaa..
seneng bisa tambah ilmu disini

Reply
avatar
April 16, 2010 at 5:38 AM delete

@ marsini => iya buwk, makasih atas kunjungannya....

Reply
avatar
Anonymous
April 23, 2012 at 11:40 PM delete

bagus....
bermanfaat...
makasih ya mbak....


bang... mamat dari padang

Reply
avatar

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"