UNTUK APA PROMOSI DILAKUKAN?

Hayow lanjut lagi ke Dunia Marketing dalam BERITA'KU, sebelumnya telah terpublis KENAPA PROMOSI ITU PENTING? kini saatnya mengulas UNTUK APA PROMOSI DILAKUKAN? Dalam melaksanakan suatu kegiatan, pasti mempunyai tujuan dan menginginkan suatu mafaat yang bisa diambil dari kegiatan tersebut. Kegiatan promosi dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu, tujuan itu antara lain adalah:

 1.Menginformasikan Barang/Jasa

Promosi yang baik yakni berisi mengenai informasi barang/jasa yang dijual secara padat namun detail serta jelas. Sebuah promosi tidak hanya untuk menawarkan produk barang/jasa saja namun juga bisa digunakan untuk menawarkan tempat usaha. Promosi yang dilakukan hendaknya menjangkau masyarakat luas agar mampu memperoleh konsumen yang banyak.

 Misalnya, anda memiliki sebuah conter HP yang menjual berbagai jenis merek HP, menjual asesoris dan juga jualan Pulsa. Dalam berpromosi baiknya disampaikan bahwa anda menjual ketiga kategori barang tersebut, jangan hanya menginformasikan salah satunya saja. Misalnya saja didepan conter anda pasang Tulisan “DAPATKAN BERBAGAI MACAM PILIHAN HP-ASESORIS-PULSA dengan HARGA TERJANGKAU HANYA di BARUCELL”,yang demikian itu sudah termasuk promosi, sehingga setiap kali ada orang lewat dan membaca tulisan tersebut seketika tau bahwa conter anda menjual HP, Asesoris, dan juga pulsa, bukan conter yang hanya jualan HP saja. Contoh lainya, anda adalah seorang pemilik usaha kos-kosan, agar kos-kosan anda laku promosikanlah dengan informasi yang jelas meliputi informasi mengenai tempat, harga, fasilitas, dan lain-lainnya secara lengkap dan jelas sehingga mempermudah calon penghuninya. 

2.Menarik Konsumen untuk Melakukan Pembelian 

Sebuah promosi dilakukan dengan tujuan menarik kosumen agar melakukan pembelian, untuk itu buatlah sebuah promosi yang menarik dan unik agar bisa merangsang rasa penasaran konsumen sehingga tertarik untuk melakukan pembelian. Berikan informasi mengenai manfaat atau keunggulan barang/jasa agar semakin menarik, karena sebagaian besar konsumen akan melakukan pembelian bila tertarik atas manfaat atau keunggulan suatu barang/jasa. Seandainya anda jualan pulsa dengan harga lain dari yang lain karena ditempat anda harganya lebih murah, maka tonjolkanlah informasi mengenai harga pulsa yang murah tersebut misalnya dengan memasang papan berisi daftar harga yang jelas didepan conter. Semakin banyak orang yang tau mengenai keunggualan conter anda yaitu unggul dalam hal harga yang lebih murah dari yang lain, akan menjadikan conter anda memiliki daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Kebanyakan konsumen mencari harga yang miring, bahkan selisih Rp 100,00 saja bisa bikin berpaling. 

3.Mendorong Konsumen untuk Melakukan Pembelian Ulang 

Promosi juga bertujuan untuk mendorong konsumen agar melakukan pembelian ulang. Promosi ini merupakan promosi berkesinambungan yang bisa ditempuh dengan cara pemberian kupon berhadiah, permainan, atau perlombaan selama periode tertentu mungkin bisa mingguan/bulanan. Cara seperti ini bisa merangsang konsumen untuk melakukan pembelian ulang atas barang/jasa yang dijual. Misalnya, tiap pembelian pulsa dengan nominal 5000 mendapatkan 1 kupon, seminggu sekali akan dilakukan pengundian dan yang menang akan mendapatkan hadiah misalnya pulsa gratis atau mendapatkan asesoris dan lain sebagainya. 

4.Mendorong Konsumen untuk Peningkatkan Pembelian 

Ciptakan suatu variasi promosi yang bisa mendorong konsumen untuk meningkatkan pembelian. Pemberian kupon hadiah juga merupakan salah contoh yang bukan hanya menarik konsumen untuk melakukan pembelian ulang namun juga bisa menarik konsumen untuk meningkatkan pembelianya. Contoh lain promosi yang bisa menarik peningkatan pembelian adalah potongan harga, misalnya pulsa 5000 hargannya Rp 6000,00, pulsa 10.000 hargarnya Rp 10.500,00, pulsa 20.000 harganya Rp 20.000, pulsa 50.000 harganya Rp 48.000,00 dan lain sebagainya. Dengan nominal semakin atas maka harganya semakin murah, hal ini bisa merangsang para konsumen untuk membeli nominal yang besar karena beranggapan harganya lebih murah. Dari berbagai tujuan diatas, tujuan akhir dari promosi adalah untuk mendapatkan keuntungan usaha. Maka dari itu ciptakan sebuah promosi yang mampu mendatangkan keuntungan bagi usaha bisnis yang dijalankan.



salam hormat dariku,

wong_anTeng

UNTUK APA PROMOSI DILAKUKAN? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"