HUBUNGAN MASYARAKAT (PUBLIC RELATION)

Sebuah usaha bisnis perlu menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak dengan melalui Public Relation atau Hubungan Masyarakat. Public Relation adalah berbagai program untuk mempromosikan dan melindungi citra perusahaan atau produknya. Daya tarik hubungan masyarakat didasarkan pada tiga sifat khusus:
a.Kredibilitas yang tinggi: Cerita dan gambar mengenai berita mengenai perusahaan atau produk lebih otentik dan dipercaya oleh pembaca dibandingkan dengan iklan.
b.Kemampuan menangkap pembeli yang tidak dibidik sebelumnya: Hubungan masyarakat dapat menjangkau banyak calon pembeli terutama bagi para pembeli yang cenderung menghin¬dari wiraniaga dan iklan.
c.Dramatisasi: Hubungan masyarakat memiliki kemampuan untuk mendramatisasi suatu perusahaan atau produk sehingga lebih dipercaya oleh khalayak.

Hubungan masyarakat dimaksudkan untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat tempat menjalankan usaha bisnis. Selain perlu menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar perlu juga menjalin hubungan baik kepada masyarakat luas pada umumnya. Jika sebuah usaha bisnis memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat pastinya usaha bisnis tersebut menjadi lebih lancar karena penduduk sekitar mendukung keberadaan bisnis itu, bayangkan saja jika pemilik usaha bisnis tidak akur dengan masyarakat setempat pastinya pemilik usaha itu sendiri yang bakalan repot. Misalnya, kita membuka sebuah warung makan dipemukiman penduduk, dimana kita bukanlah penduduk asli ditempat itu dan kitapun enggan untuk bersosialisasi, pastinya warung makan kita akan susah berkembang karena penduduk sekitar kurang merespon. Bahkan bisa saja berkembang rumor yang tidak menyenangkan karena kita tidak mau bersosialisasi. Lain halnya jika kita berlaku ramah kepada masyarakat setempat, pasti warung kita menjadi lebih mudah berkembang.

Umumnya para pemasar cenderung kurang menggunakan hubungan masyarakat namun sesekali mereka pasti melakukan program ini. Program hubungan masyarakat yang direncanakan dengan baik dan dikoordinasikan dengar elemen bauran promosi yang lain dapat menjadi sangat efektif.



salam hormat dariku,
Widhawati


HUBUNGAN MASYARAKAT (PUBLIC RELATION) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"