Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten dalam BERITA'KU

Bayat adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kecamatan ini berbatasan dengan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan. Kecamatan bayat merupakan bagian selatan dari Kabupaten Klaten yang terdiri dari beberapa desa yaitu:

1. Banyuripan
2. Beluk
3. Bogem
4. Dukuh
5. Gunung Gajah
6. Jambakan

7. Jarum
Jarum adalah desa di kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Dimana di Jarum terdapat beberapa sentra Kerajinan Batik dari Batik kain, Kaos sampai dengan Batik Kayu. Di Jarum ini juga terdapat beberapa pengrajin Wayang dan Gamelan.

8. Jotangan
9. Kebon

10. Krakitan
Krakitan adalah desa di kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia.
Di desa ini terdapat objek wisata Rowo Jombor, sebuah danau buatan, yang awalnya dibangun untuk irigasi di sekitarnya. Saat ini merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Klaten, banyak mahasiswa dan penduduk Yogyakarta yang berkunjung ke objek wisata ini. Warung apung yang menjadi andalan objek wisata ini, pengunjung bisa makan di atas keramba rakit di tengah-tengah danau.

11. Krikilan
12. Nengahan
13. Ngerangan
14. Paseban

15. Talang
Talang adalah desa di kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia.Desa Talang termasuk dalam kecamatan Bayat di bagian timur laut yang berbatasan langsung dengan sebelah timur kecamatan Cawas dan di sebelah utara kecamatan Trucuk. Kegiatan ekonomi utama adalah bertani. Dalam 1 tahun dapat bercocok tanam padi sampai 3 kali, karena dekat dengan kali Dengkeng yang juga sebagai hulu Sungai Bengawan Solo.

16. Tawangrejo

17. Tegalrejo

18. Wiro
Wiro adalah desa di kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini terdiri dari beberapa pedukuhan, antara lain: Jonggrangan, Tegalasin, Tugurejo, Pilangsari, Mandungan, Somoyudan, Wiro, Ngruweng dan Pengkol. Memiliki dua klub sepak bola yang cukup terkenal di wilayah klaten, yaitu PS Rajawali dan PS Wiro Sableng, dengan dua lapangan yang menjadi Base Campnya, masing-masing di dukuh Jonggrangan dan dukuh Ngruweng.

Desa Wiro berpotensi menjadi desa pariwisata,suasana khas pedesaan masih sangat terasa dan terdapat berbagai hal yang menarik, mulai dari bumi perkemahan dengan lokasi di pegunungan dukuh Tugurejo, mancing di kali yang melintasi desa Wiro, bercocok tanam baik di sawah maupun ladang, ikut ngarit,ngluku, memupuk tanaman dengan petani, bermain permainan tradisional, berlatih nari dengan mbakyu Utami, nginang bersama nenek-nenek, memintal benang di rumahnya Bu Marni-Bunardi ataupun ikut ronda dengan bapak-bapaknya.

Hasil pertanian yang utama selain padi adalah tembakau, cabai keriting, terong, ceme, jagung dan kedelai. yang menarik di desa ini ada Blumbang (kolam) yang tidak pernah habis airnya walaupun dimusim kering, letaknya di desa ngruweng
Demikianlah sepintas Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten dalam BERITA'KU.
sumber:wikipedia

ciak...desing....jrootzzzz....

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Related Posts

Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten dalam BERITA'KU
4/ 5
Oleh

5 komentar

July 15, 2013 at 3:05 PM delete

mbak... boleh nanya, kalo dari yogya ke bayat jalur transportasinya bagaimana ya? (maksudnya dengan transportasi umum). minta masukannya. terimakasih

Reply
avatar
July 15, 2013 at 5:41 PM delete

kalo angkutan umum aku gak tau, angkot yang biasanya ke jurusan bayat sudah gak ada, kalaupun lewat cawas juga rumit jalurnya

Reply
avatar
July 20, 2013 at 8:36 PM delete

makasih Mbak. maaf nanya lagi. kalo taksi, gimana? sulit ga nemu taksi di Bayat?

Reply
avatar
July 22, 2013 at 8:51 AM delete

sepertinya susah, kecuali kalo naiknya dari kota klatennya itu pasti gampang nemu taksi terus minta dianterin ke bayat *tapi jauh juga sih dari kota klatennya. Emang bayatnya daerah mana yang dicari?

Reply
avatar
ambar
September 27, 2013 at 10:40 PM delete

Apa yg menarik didesa kebon selain batik mbak...

Reply
avatar

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"