Pengobatan Dini bagi Pasien HIV-Positif

Liputan6.com, Wina: Penderita HIV-positif perlu diberikan perawatan dini sebelum sakitnya terlalu parah, karena hal itu akan memberikan kesempatan untuk tetap sehat dan hidup lebih lama. Demikian dikatakan Direktur WHO Gottfried Hirnschall di Wina, Austria, baru-baru ini.

"Pengobatan dini bagi penderita HIV dapat mencegah apa yang disebut infeksi oportunistik, termasuk tuberkulosis (TBC), yang merupakan pembunuh terbesar penderita HIV," jelas Hirnschall. "Kekuatan sistem kekebalan tubuh seseorang diukur menurut sel-sel CD4 dan ukuran ini
digunakan oleh dokter untuk menilai ketika pasien terinfeksi HIV harus mulai menerima obat-obatan."

Dikatakan Hirnschall, kematian akibat TBC dapat dikurangi sebanyak 90 persen jika orang dengan HIV dan TB mulai menjalani pengobatan lebih dini, atau ketika sistem kekebalan tubuh mereka belum terlalu melemah oleh virus. "Diperkirakan terdapat 5,2 juta orang dirawat karena virus AIDS pada akhir 2009. Sekitar 1,2 juta penderita mulai menjalani pengobatan sepanjang tahun ini," katanya.




sumber gambar:http://static.liputan6.com/201007/100720ahiv.jpg

Situasi itu, menurut Hirnschall, menggambarkan peningkatan terbesar dalam setahun terakhir. Perkembangan yang sangat menggembirakan, katanya, sehingga memerlukan lebih banyak program untuk membantu pasien yang menerima perawatan.

WHO memperkirakan, kematian akibat HIV dapat dikurangi sebesar 20 persen antara tahun 2010 dan 2015 jika pedoman pengobatan baru dilaksanakan secara menyeluruh. Bukti dari studi ilmiah juga menunjukkan, pengobatan lebih dini dapat menjadi cara yang efektif untuk mencegah virus menyebar ke tubuh.(Reuters/DES/SHA)


ciak...desing....jrootzzzz....

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Comments

Baca Juga

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Tugas Account Executive/AE

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Mata Uang Termahal Di Dunia

MACAM-MACAM PROMOSI PENJUALAN