Tiket KA Bisa Dipesan Sebulan Sebelum Keberangkatan

Puasa sebentar lagi, Lebaran tak lama lagi, Yang pada hobi mudik baiknya nyicil mudik sejak dini, meski hanya nyicil beli tiketnya doang. Karena eh karena Tiket KA Bisa Dipesan Sebulan Sebelum Keberangkatan. dan berikut liputanya: Liputan6.com, Jakarta: Tiket kereta api untuk perjalanan Lebaran nanti bisa dipesan 30 hari sebelum kebarangkatan. Demikian dikatakan Kepala Humas PT KA Daerah Operasional I Jakarta, Mateta Rijalulhaq, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (29/7). Pemesanan tiket, kata Mateta, selain di stasiun juga bisa dilakukan di 48 agen yang sudah ditunjuk, call centre, kantor pos, serta melalui anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri, BII, dan BRI.



Mateta menjelaskan, semua itu dilakukan untuk memberi kemudahan pelayanan kepada para penumpang. Dengan cara seperti itu pemesan tak perlu antre dan berdesak-desakan di stasiun. Tujuan lain adalah untuk menghindari praktik percaloan. "Karena itu saya mengimbau masyarakat agar mau menggunakan pelayanan yang telah diberikan PT KA," ujar Mateta.

Dalam upaya meminimalisir praktik percaloan, pembelian tiket akan dibatasi. Setiap satu orang hanya boleh membeli empat tiket. Kemudian setiap pembeli harus menyertakan kartu tanda penduduk (KTP). Dengan begitu data setiap penumpang akan tercantum dan sesuai dengan tiket. Harga tiket, kata Mateta, sesuai tarif batas bawah dan tarif batas atas.

Hal lain yang akan dilakukan PT KA untuk menghindari percaloan adalah dengan menempatkan sejumlah petugas berseragam dan preman di atas kereta dan stasiun. Mereka akan dibantu anggota Brimob dan TNI. Para petugas tersebut ditempatkan untuk menjaga ketertiban dan keamanan. "Selain pengamanan, kami juga akan menyediakan petugas kesehatan di setiap stasiun," kata Mateta.

Mateta memperkirakan lonjakan penumpang Lebaran di semua stasiun diperkirakan akan terjadi H-7 dan H+7. Ini karena biasanya para pemudik menggunakan waktu liburnya secara bersamaan. Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KA rencananya akan menambah dua gerbong untuk angkutan lebaran. Selain itu, pihaknya juga akan menambah setiap perjalanan reguler.

Pada bagian lain Mateta juga mengimbau kepada masyarakat yang akan membawa kendaraan bermotor dengan kereta barang hendaknya dilakukan sebelum H-7. Pasalnya, semua kereta barang akan diberangkatkan lebih awal dari kereta penumpang. "Dengan begitu jadwal serta keberadaan kereta tidak terganggu pengangkutan barang," ujarnya.

Terakhir Mateta juga berpesan kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan kereta agar memprogram dengan baik rencana keberangkatannya. Belilah tiket di loket yang telah disediakan. Pada saat keberangkatan, para penumpang diminta jangan membawa barang berlebihan, perhiasan yang mencolok, serta mewaspadai segala hal yang bisa merugikan. "Misalnya saja jangan sembarangan menerima tawaran makanan dan minuman dari orang tak dikenal," kata Mateta.(IAN)

ciak...desing....jrootzzzz....

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Tiket KA Bisa Dipesan Sebulan Sebelum Keberangkatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"