Akhirnya Gerbong Khusus Perempuan Diluncurkan


Ilustrasi (Foto : eramuslim.com)
JAKARTA (KRjogja.com) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan bahwa gerbong kereta khusus perempuan ditujukan untuk melindungi wanita dari tindak kekerasan pelecehan yang kerap terjadi di transportasi publik.

"Gerbong khusus perempuan merupakan kebijakan khusus sementara yang dirumuskan untuk melindungi perempuan dari berbagai bentuk pelecehan dan kekerasan di dalam kereta," kata Linda Amalia Sari Gumelar di sela-sela peluncuran kereta dengan gerbong khusus perempuan di Dipo Stasiun Depok, Kamis (19/8).
Linda menambahkan kebijakan tersebut berlaku sementara sampai dengan adanya perubahan pola pikir, persepsi dan perubahan sikap masyarakat dimana perempuan dan laki-laki dilihat setara di dalam mendapatkan akses dan manfaat pembangunan.

"Kebijakan ini bersifat opsional sehingga tidak masalah jika ada perempuan yang tetap ingin menggunakan gerbong umum karena gerbong khusus ini hanya merupakan pilihan saja," katanya.

Linda juga mengharap segenap lapisan masyarakat bisa ikut menjaga keberadaan gerbong khusus perempuan agar fasilitas itu dapat digunakan selama mungkin.

"Saya juga mengharapkan fasilitas gerbong khusus perempuan ini dapat dimanfaatkan untuk sosialisasi kebijakan yang terkait dengan perlindungan perempuan dan anak serta program-program untuk mewujudkan kesetaraan gender," katanya.

Sementara itu, PT KAI Commuter Jabodetabek meluncurkan kereta khusus wanita yang didalamnya terdapat gerbong khusus perempuan. Kereta khusus wanita tersebut diperuntukkan bagi seluruh perempuan tanpa ada batasan usia.

Sementara ini Kereta khusus wanita hanya diberlakukan pada rangkaian kereta api listrik kelas ekonomi AC dan juga Ekspres. Pada setiap rangkaian kereta KRL ekonomi AC dan juga Ekspres yang biasanya terdiri dari delapan gerbong, maka gerbong khusus perempuan terletak pada setiap ujung rangkaian kereta atau gerbong nomor satu dan gerbong nomor delapan.

Setiap kereta khusus wanita diberi tanda khusus atau petunjuk berupa stiker bergambar perempuan yang diletakkan di setiap sisi pintu luar dan juga di dalam kereta.

Latar belakang peluncuran gerbong khusus wanita adalah banyaknya keluhan pelanggan terhadap perilaku pelecehan seksual pada saat jam sibuk atau tingkat kepadatan pelanggan yang tinggi di dalam kereta dan untuk memberikan perhatian lebih kepada para perempuan. (Ant/Ogi)

ciak...desing....jrootzzzz....

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Comments

Baca Juga

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Tugas Account Executive/AE

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Mata Uang Termahal Di Dunia

MACAM-MACAM PROMOSI PENJUALAN