Home » , , , » Membangun Website sebagai media bisnis online

Membangun Website sebagai media bisnis online

Membangun Website sebagai media bisnis online?Untuk menciptakan bisnis online dah pasti dibutuhkan sebuah media online bukan? Nah media online apa yang kita butuhkan? Salah satunya adalah Website, jadi anda harus membuat website anda terlebih dulu. Unsur penting didalam pembuatan website adalah kepemilikan domain nama dan hosting. Tanpa memiliki domain dan hosting terlebih dahulu tak akan mungkin anda bisa membangun sebuah website.
Apakah Domain Name/Domain Nama itu?

Jika anda berkunjung ke sebuah website pasti anda mengetikan sebuah alamat bukan? Misalnya www.yahoo.com ,alamat tersebut adalah letak geografi di internet. Alamat sebuah website bersifat unix, tidak ada satupun yang memiliki alamat yang sama. Didunia internet alamat tersebut biasa dipanggil dengan istilah domain name.
Sebenarnya alamat sebuah website diinternet adalah sederetan angka, yang susah untuk diingat sehingga disederhanakan dengan domain name agar lebih mudah diingat.
Perhatikan contoh berikut:

-detik.com
-detik.org
-detik.co.id

Contoh diatas menunjukan sebuah nama dapat terdiri dari beberapa domain name, bedanya apa?bedanya terletak dibagian belakang domain tersebut, yakni dot com, dot org dan dot co dot id. Berikut ini adalah daftar to level domain yang sering digunakan:

*Com adalah top level domain yang paling sering digunakan dan paling dikenal orang. Sebagian orang kurang merasa puas jika tidak menggunakan com, pemikiran tersebut wajar saja karena kebanyakan pengunjung pemula diinternet tahunya com.

*Org adalah singkatan dari organization jadi target penggunanya dalah para organisasi-organisasi.

*Edu adalah singkatan dari education jadi target penggunanya adalah institusi pendidikan, tapi saat ini domain ini susah didapat, apa sebabnya?tak taulah, katanya sih domain ini dikelola oleh lembaga tunggal di Amerika dan persyaratan memperoleh domain ini sangat ketat.

*Bizz adalah singkatan dari business jadi dah pasti targetnya adalah perusahaan-perusahaan komersial.
Dll masih banyak lagi domain yang lain

Setiap negara memiliki domain yang menunjukan nama negara tersebut, misalnya saja ciri kas dari negara Indonesia adalah berakiran id, misalnya:

*Co.id merupakan singkatan dari corporate Indonesia. Targetnya adalah perusahaan konersiil.
Persyaratan untuk memperoleh domain dengan co.id tidak gampang lho, harus mempunyai NPWP,SIUP/TDK, dsb. Bisa dikatakan bahwa perusahaan yang memiliki domain co.id bukanlah perusahaan sembarangan.

*Or.id merupakan sebuah domain yang ditergetkan untuk organisasi, untuk mendapatkan domain or.id maka anda harus memenuhi syaratnya terlebih dahulu seperti akte pendirian organisasi dll.

*Web.id merupakan web yang tepat untuk siapapun yang ingin berbisnis didunia internet/web

*Sch.id merupakan sebuah domainyang ditergetkan untuk sekolah-sekolah
Ac.id merupakan sebuah domain yang ditargetkan untuk sebuah academi ataupergutuan tinggi.

Dari beberapa domain diatas mana yang paling ok?jika anda ingin membuat situs pribadi untuk menambah penghasilan anda dari internet yah sebaiknya anda pakek dotcom aja.

Kalo mau domain gratis silahkan bikin di www.co.cc.com, cara nya mudah aja, tinggal kilx di www.co.cc.com untuk membukanya langsung signup.

Apakah Hosting itu?
Perusahaan-perusahaan yang menyewakan kapling-kapling biasanya disebut dengan web hosting. Anda dapat menyewa kapilng2 tersebut dengan harga yang relative terjangkau. Dan mungkin model sewa ini lebih praktis karena anda tidak perl repot-repot untuk install web server,memantau server selama 24 jam dsb karena itu semua dah diurus oleh web hosting jadi anda tinggal bayar sesuai sengan kapling yang disediakan. Bagaimana cara memilih perusahaan hosting? Di internet banyak sekali perusahaan hosting anda bisa mencarinya di www.google.com dengan kata kunci “hosting”, anda akan memperoleh banyak sekali web host di sana, untuk pemula ada baiknya pilih web hosting dari Indonesia biar lebih gampang.
Jika anda ingin hosting gratis bisa buat di www.000webhost.com dijamin 100% GRUATIS! Caranya amatlah gampang, anda tinggal kilx www.000webhost.com kemudian signup. Tentang 000webhost bisa dibaca lebih rinci di tentang 000webhost.com
Bagaimana memesan domain dan hosting?
Untuk memesan domain dan hosting tidaklah sulit karena biasanya perusahaan bersaing berlomba-lomba untuk mempermudah pelayanan untuk pemesanan domain dan hosting, berikut ini adalah langkah-langkah secara umum dalam pemesanan domain dan hosting:

-memilih perusahaan hosting
-Memesan domain
-memesan hosting
-melakukan pembayaran
-konfirmasi pembayaran
-memasang website

Tapi dari sekian banyak yang bayar anda bisa dapatkan domain dan hosting yang gratis di www.co.cc.com dan www.000webhost.com
Kini saatnya membangun website anda untuk media bisnis online anda……..selamat menciptakan sebuah website…….

ciak...desing....jrootzzzz....

salam hormat dariku,

wong_anTeng

G+

2 komentar:

  1. terimakasih atas info nya mbak, setelah banyak membaca postingan mbak, saya makin yakin dan makin serius dalam mendalami bisnis online, makasih mbak

    ReplyDelete
  2. ok, sama-sama, semoga sukses ya...

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"