Pemudik, Waspadai Jalur Lurus dan Mulus!

YOGYA (KRjogja.com) - Hasil dari analisis dan evaluasi (anev) yang dilakukan oleh jajaran Dit Lantas Polda DIY menunjukkan, jalan halus justru berpotensi terjadinya kecelakaan (laka). Oleh karena itu, masyarakat yang melewati jalur lurus dan mulus dihimbau untuk waspada.

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Suharsono mengatakan, kondisi jalan yang lurus dan mulus sering memicu kelalaian pengendara. "Hilangnya kesadaran karena tidak adanya halangan selama berkendaralah yang sering menjadi pemicu terjadinya kecelakaan, baik yang melibatkan kendaraan roda dua maupun empat. Jadi, pengendara jangan sampai lengah," ungkapnya ketika dikonfirmasi, Senin (30/8) pagi.

Kondisi jalan bagus yang sering melenakan pengendara tersebut banyak ditemukan di daerah Kulonprogo. Namun, di wilayah lain seperti Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta juga terdapat kondisi jalan yang lurus dan mulus.

"Untuk rawan laka di 4 daerah tersebut memang yang kondisi jalan mulus tadi. Sementara di Gunungkidul sebenarnya yang paling tinggi tingkat kerawanannya. Hal ini karena topografi wilayahnya, yakni jalan yang berkelok dan dipenuhi pepohonan," papar Suharsono

Dihubungi terpisah, Wakapolres Sleman Kompol Pitoyo Agung juga membenarkan potensi rawan laka tersebut. Menurutnya, di wilayah Sleman kondisi jalan lurus dan mulus berada di jalan Magelang serta Jalan Lingkar Barat hingga Kalasan.

"Oleh karena itu kebijakan Ditlantas Polda DIY seperti pemasangan spanduk himbauan, patroli dan pemasangan pengejut jalan akan kami giatkan. Memang, jangan sampai pengendara itu terlena dengan kondisi jalan yang bagus sehingga membuatnya lengah," jelas Pitoyo. (Dhi)
sumber:http://www.krjogja.com/news/detail/48160/Pemudik..Waspadai.Jalur.Lurus.dan.Mulus..html

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Pemudik, Waspadai Jalur Lurus dan Mulus! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"