Perbaikan Jalur Pantura Dikebut

Liputan6.com, Brebes: Menghadapi arus mudik Lebaran 2010, jalur pantai utara Jawa atau Pantura di sejumlah ruas terus diperbaiki. Perbaikan jalan ini umumnya serupa, yakni mengeruk jalan yang rusak kemudian melapisnya dengan hotmix. Ini terlihat misalnya di Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba, dan Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Untuk menghindari kemacetan selama perbaikan, arus lalu-lintas dari arah barat dialihkan ke lajur selatan, bersimpangan satu lajur dengan kendaraan dari arah timur. Menurut perkiraan Binamarga wilayah Pekalongan Barat, semua perbaikan di jalur mudik Pantura dari Brebes sampai Tegal akan bisa tuntas seluruhnya pada H-10 Lebaran.

Sementara itu, hingga tiga pekan menjelang Lebaran, proyek perbaikan jalan utama menuju Pelabuhan Merak, Banten, belum juga tuntas. Hingga kini pengerjaan kelima lajur keluar-masuk pelabuhan baru mencapai 60 persen, padahal seharusnya selesai pada 3 Agustus lalu. Di lajur keluar pelabuhan, pengerjaan jalan bahkan baru pada tahap pembuatan gorong-gorong.

Akibat kondisi ini, arus keluar masuk kendaraan, terutama truk besar, sering terhambat dan terjebak kemacetan. Kementrian Pekerjaan Umum menargetkan pengerjaan kelima lajur jalan utama di bawah jalan layang Merak akan selesai sebelum H-10 Lebaran. Jika proyek tidak selesai, pengerjaan kelima lajur itu akan dihentikan sementara untuk menghindari kemacetan.(ADO)

ciak...desing....jrootzzzz....

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Comments