Home » , » Stasiun Tugu dan Lempuyangan Siapkan Enam Posko Lebaran

Stasiun Tugu dan Lempuyangan Siapkan Enam Posko Lebaran

Ilustrasi. (Foto : Dok Kr jogja)YOGYA (KRjogja.com) - Selama arus mudik dan arus balik lebaran, PT Kereta Api (KA) Daops VI Yogyakarta akan mempersiapkan enam posko lebaran yang ada di stasiun di wilayah kota ini, yakni Stasiun Tugu dan Lempuyangan. Posko tersebut didirikan dengan maksud untuk memberikan kenyamanan penumpang selama arus lebaran dan serentak didirikan di stasiun pusat maupun sub stasiun.

Kepala Humas PT KA (Persero) Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto mengungkapkan, selama angkutan lebaran pihaknya memfungsikan enam posko di setiap stasiun, diantaranya posko keamanan dan ketertiban, posko operasional, posko kesehatan, posko data, posko humas dan posko informasi.

"Pendirian posko ini bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Dinas Perhubungan, dokter dan staff kesehatan, anggota TNI serta Polri. Selain itu, khusus untuk posko keamanan dan ketertiban, PT KAI akan menerjunkan sekitar 350 personil dari TNI dan Polri. Nantinya posko ini diharapkan dapat memberi kenyamanan penumpang selama arus mudik dan arus balik lebaran," ujarnya kepada KRjogja.com, Kamis (19/8).

Dikatakannya, posko keamanan dan ketertiban akan difungsikan untuk mengantisipasi tindak kejahatan. Sementara posko operasional akan menangani teknis operasionalisasi kereta api, misalnya keterlambatan kereta, penumpukan penumpang maupun jika terjadi kereta anjlok atau mogok.

Sementara itu, untuk posko data akan mengkoordinasi laporan data mengenai kereta yang dijalankan dan nantinya akan dilaporkan sampai pusat. Sedangkan posko humas dan informasi difungsikan untuk melayani penumpang maupun wartawan yang ingin memperoleh informasi seputar arus mudikdan arus balik.

"Seluruh posko akan difungsikan selama 24 jam terutama untuk posko kesehatan. Disana penumpang maupun karyawan PT KA yang bertugas selama arus lebaran bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis," jelasnya.

Ditambahkan, selama arus lebaran ini terdapat pula posko pusat yang mengatur koordinasi posko di seluruh stasiun di Indonesia. Posko ini pada saat arus mudik didirikan di stasiun Gambir, Jakarta. Namun selama arus balik akan didirikan di stasiun Tugu, Yogyakarta.

"Di posko pusat ini akan diterjunkan pula tim dari pusat. Saat arus balik nanti, penempatannya sengaja di stasiun Yogyakarta karena pertimbangan tumpukan arus balik penumpang akan banyak berasal dari sini," imbuhnya. (Ran)



ciak...desing....jrootzzzz....

salam hormat dariku,

wong_anTeng

G+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"