Apa itu Hacker dan Apa itu Cracker

Teman yang mulai terjun didunia maya pasti dah mulai tak asing lagi dengan yang namanya Hacker dan juga Cracker. Apa itu Hacker dan Apa itu Cracker??? Istilah Hacker Mengacu pada seseorang yang punya minat besar untuk mempelajari sistem komputer secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasnya. Besarnya minat yang dimiliki seorang hacker dapat mendorongnya untik memiliki kemampuan penguasaan sistem yang diatas rata-rata kebanyakan pengguna. Jadi, hacker sebenarnya memiliki konotasi yang netral.

Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

Di masyarakat umum, istilah hacker ini banyak tersalahgunakan atau rancu dengan istilah Cracker (Gak pakek S, kalo plus s jadinya enak) Masyarakat awam menganggap bahwa hacker adalah Penjahat dunia maya, padahal sebenarnya hacker itu tidak jahat, Itilah penjahat itu lebih tepatnya adalah Krakcer. Jadi Hacker bukan Kracker, Karena Hacker berbeda dengan Kracker.

Di Indonesia sudah banyak forum-forum atau komunitas para Hacker, diantaranya adalah http://www.muslimhackers.net yang berdiri sejak 18 Desember. www.muslimhackers.net ini seolah menunjukan bahwa Hacker bukan Cracker. Muslim Hackers tidak terbatas pada hacker yang berkutat di area security/keamanan komputer saja tetapi dalam artian luas yaitu semua fokus keilmuan komputer dan teknologi serupa. Di Dalam Muslim Hackers tidak hanya membahas tentang keilmuan IT saja tetapi juga membahas tentang ilmu-ilmu Keislaman. Harapannya agar masyarakat IT dan masyarakat Islam di Indonesia tidak hanya mempelajari IT saja tetapi juga mantap ilmu agamanya.

Teman-teman yang ingin menjadi hacker baik-baik silakan turut serta dalam http://www.muslimhackers.net demi Kebaikan Ilmu yang teman-teman miliki.


salam hormat dariku,
wong_anTeng

Comments