Waspadai Hujan Desertai Angin Kencang

YOGYA (KRjogja.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengingatkan pemudik untuk selalu waspada jika memasuki wilayah DIY. Prakiraan cuaca untuk H-4 hingga H+7 lebaran berpotensi terjadi hujan ringan yang disertai dengan angin kencang.

"Oleh karena itu, pemudik saat memasuki wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) harus selalu waspada, karena daerah ini masih berada di musim pancaroba, yaitu peralihan kemarau ke musim hujan, sehingga berpeluang terjadi hujan ringan sampai sedang pada sore hingga malam hari, yang bisa menyebabkan jalan menjadi licin," kata Kepala BMKG Yogyakarta Budi Waluyo, di Yogyakarta, Senin (6/9).

Ia mengatakan hujan ringan sampai sedang diprakirakan memakan waktu setengah jam, sehingga para pemudik perlu mempersiapkan segala sesuatunya untuk melindungi diri dari hujan, dan perlu pula waspada karena berpotensi disertai angin kencang. "Ini terutama bagi para pemudik bersepeda motor," katanya.

Menurut dia, di musim pancaroba biasanya sering terjadi perubahan cuaca secara tiba-tiba. "Pada siang hari cuaca cerah dan panas, tetapi tiba-tiba muncul awan hujan atau mendung yang hitam pekat, kemudian turun hujan. Terkadang disertai angin kencang," katanya.

Namun, kata dia, kondisi tersebut hanya terjadi sesaat di wilayah tertentu. "Daerah itu tidak dapat dideteksi sebelumnya," katanya.

Budi juga mengingatkan warga masyarakat yang akan bermain ke pantai selatan DIY untuk selalu waspada, karena ketinggian gelombang laut saat ini di atas normal. "Ketinggian gelombang laut pantai selatan DIY saat ini antara 2,0 hingga 2,5 meter. "Normalnya tidak melebihi antara 0,75 sampai 1,5 meter," katanya. (Ant/Van)
@http://www.krjogja.com/news/detail/49285/BMKG.Yogyakarta...Waspadai.Hujan.Desertai.Angin.Kencang..html

salam hormat dariku,
wong_anTeng

Comments

Baca Juga

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Tugas Account Executive/AE

Simple Tapi Tetep Produktif & Kreatif Dengan Yang Ringan Nan Tahan Lama Seperti ASUS Eeebook E202!

Mata Uang Termahal Di Dunia