Home » , , » Yogya Tuan Rumah Olimpiade Kebumian Dunia

Yogya Tuan Rumah Olimpiade Kebumian Dunia

JAKARTA (KRjogja.com) - Indonesia akan menjadi tuan rumah kompetisi Ilmu Kebumian tingkat internasional atau International Earth Science Olympiad (IESO) ke-4 yang rencananya diselenggarakan di Yogyakarta 19 s.d. 28 September 2010 mendatang.

“Tahun ini kita menjadi tuan rumah,dan tempatnya di Yogyakarta” ujar Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Suyanto pada sela-sela pelepasan tim Olimpiade Astronomi dan Astrofiska Internasional (IOAA) ke-4 sekaligus silaturrahmi yang berlangsung di Gedung E Kemdiknas Senayan Jakarta, Senin (6/9).malam

Berdasarkan catatan, IESO pertama kali dilaksanakan di Daegu Korea Selatan tahun 2007 yang dikoordinasikan oleh School of Earth and Environmental Sciences Chungnam National University. Pada ajang tersebut tim Indonesia meraih empat medali perunggu. Lalu, IESO ke-2 berlangsung di Filipina dan IESO ke-3 di Taiwan. Pada IESO ke-3 ini prestasi Indonesia meningkat dengan meraih satu medali perak dan dua perunggu.

Panitia pelaksana lokal atau Local Organizing Committee (LOC) Indonesia D. Hendra Amijaya menuturkan, IESO ini adalah kompetisi siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada bidang ilmu kebumian yang meliputi geologi, geofisika, oseanografi, meteorologi, dan astronomi. “Kegiatan olimpiade ilmu kebumian ini akan dibagi dalam tes tertulis, praktik laboratorium dan praktik lapangan,” ujarnya. Dalam kegiatan itu dibahas empat bidang materi kebumian, yaitu geologi, meteorologi, astronomi, dan osenaografi.

Dijelaskan Hendra, kegiatan tes tertulis dan praktik laboratorium berlangsung di Universitas Gadjah Mada (UGM). Sedangkan, untuk praktik lapangan akan diadakan di beberapa tempat, yaitu Kali Ngalang, Gunung Kidul (bidang Geologi), Lapangan GSP UGM (bidang Meteorologi), Lapangan TNI AU Gading Gunung Kidul (pengamatan Astronomi), dan Pantai Baron Gunung Kidul (Bidang Oseanografi). “Hanya untuk kegiatan International Field Trip Investigation akan dilakukan di Goa Bribin (Hidrologi Sungai bawah tanah),” jelasnya.

Tim Indonesia yang akan terjun dalam ajang ini terdiri dari Ardy Ramadhan (SMAN 48 Jakarta), Asri Oktavioni (SMAN 8 Jakarta), Ega Gita Prasastia (SMAN 2 Purwokerto), Fajar Febiani Amanda (SMAN 1 Banjarnegara), I Wayan Punia Raharja (SMAN 1 Amlapura), Kamil Ismail (MAN Insan Cendekia Serpong Banten), Mikey (SMAN 1 Pekanbaru), dan Rio Priandri Nugroho ( SMAN 3 Yogyakarta). Mereka nantinya akan dibagi dalam dua tim, yaitu Tim A dan Tim B.

Sementara itu, tim pembina yang akan mendampingi para siswa Indonesia adalah Saptono Budi Samodra (Teknik Geologi UGM), Hakim L. Malasan (Astronomi ITB), Joko Wiratmo (Meteorologi ITB), dan Warsito Atmojo (Oseanologi Undip).

Tahun 2010 ini, sebanyak 19 negara direncanakan ikut pada ajang IESO ke-4 Yogyakarta, yaitu Amerika Serikat (AS), Filipina, India, Indonesia, Italia, Jepang, Kamboja, Korea, Kuwait, Maladewa, Nepal, Nigeria, Rumania, Rusia, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Ukraina, dan satu negara observer yakni Perancis. (Ati)
@http://www.krjogja.com/news/detail/49368/Yogya.Tuan.Rumah.Olimpiade.Kebumian.Dunia..html

salam hormat dariku,
wong_anTeng

G+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"