Home » , » Gunung Dempo Juga Aktif

Gunung Dempo Juga Aktif


Seiring dengan terjadinya Gempa dan Tsunami di kepualauan Mentawai dan juga Meletusnya Gunung Merapi, nampaknya Gunung Dempo Juga Aktif. Gunung Dempo adalah salah satu Api yang berada di di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Gunung Dempo masih aktif normal atau level I, meskipun dilaporkan telah mengalami puluhan kali gempa vulkanik dan tektonik. Gunung Api Dempo yang sebelumnya pernah naik statusnya menjadi waspada atau level II tahun 2008.

Berdasarkan data Pemantau Gunung Api Dempo tercatat pada peralatan seismograf di Gunung Api Dempo itu, pada Selasa (26/10) terjadi enam kali gempa, baik vulkanik maupun tektonik. Pada Rabu (27/10)terjadi pula enam kali gempa vulkanik di Gunung Api Dempo itu.Gunung Api Dempo itu masih menjadi prioritas pengawasan oleh tim langsung dari Badan Geologi, Pusat Vukanologi, Mitigasi Bencana Geologi, Bandung, meskipun statusnya aktif normal atau level I.

Beberapa waktu lalu tim dari Bandung dan petugas Gunung Api Dempo telah memasang alat perekam tambahan pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (dpl), untuk membantu jika sewaktu-waktu alat perekam yang dipasang di puncak gunung itu mengalami gangguan atau rusak.

salam hormat dariku,
wong_anTeng

G+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"