Home » , , » Gunung Merapi Meletus

Gunung Merapi Meletus

Setelah sedari semalam Merapi masuk kategori awas, akhirnya sore tadi gunung merapi meletus juga. Letusan terjadi sejak pukul 17.02 WIB. "Sejak 17.02 WIB hingga 17.34 WIB terjadi empat kali awan panas dan sampai sekarang awan panas terus muncul susul menyusul tidak berhenti. Awan panas pertama yang muncul pada pukul 17.02 WIB tersebut mengarah ke barat. Namun awan panas berikutnya tidak dapat terpantau dengan baik karena kondisi cuaca di puncak Merapi cukup gelap dan hujan.
Sirine bahaya di Kaliurang, Sleman, berbunyi pada pukul 17.57 WIB. Pada pukul 18.05 WIB, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta menarik semua petugas dari pos pengamatan. Pada pukul 18.00 WIB terdengar letusan sebanyak tiga kali yang terdengar dari pos Jrakah dan pos Selo yang disusul dengan asap membumbung setinggi 1,5 kilometer mengarah ke selatan.


Hujan abu mengguyur sejumlah dusun di Desa Argomulyo, Kecamatan Dukun, Magelang, Jawa Tengah. Kondisi ini akibat meningkatnya aktivitas Gunung Merapi di perbatasan Jateng dan Yogyakarta. Hujan abu mengguyur dusun-dusun, seperti Gemar, Cangkil, dan Andong di Desa Argomulyo. Warga memenuhi depan rumah mereka dengan menggenakan jas hujan, payung, dan masker penutup hidung/mulut. Sebagian warga mengendari sepeda motor turun ke daerah yang dinilai aman dari hujan abu. Hujan abu di tiga dusun ini semakin deras dan suaranya seperti hujan air yang cukup deras.

Ribuan warga yang berada di lereng Gunung Merapi akhirnya turun menuju Yogyakarta. Kendaraan dialihkan dari lereng Merapi semuanya menuju ke Kecamatan Pakem.

Ribuan warga yang hendak mengungsi diberikan masker gratis oleh petugas dari pemerintah daerah setempat dengan dibantu Tentara Nasional Indonesia dan Polisi. Masker tersebut digunakan lantaran asap vulkanik yang ditimbulkan terasa perih di mata dan membuat kepala pusing.

Terbukti tak sedikit warga yang mengungsi terkulai lemas lantaran pingsan akibat menghirup asap abu vulkani Gunung Merapi. Alhasil, sedikitnya tiga kecamatan di sekitar Kaliurang harus dikosongkan. Ketiga kecamatan tersebut adalah Cangkringan, Kecamatan Turi, dan Pakem.

Warga mulai panik saat awan hitam keluar dari Merapi petang tadi. Seluruh warga diungsikan ke kamp pengungsian di Kantor Kepala Desa Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta.

Akibat Meletusnya gunung merapi ini setidaknya ada Dua korban awan panas Gunung Merapi warga Desa Kinarejo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, dibawa ke Rumah Sakit Panti Nugroho, Pakem. Dan ada beberapa korban lainya yang sedang dalam evakuasi serta menjaladi perwatan di beberapa rumah sakit setempat.



Sumber: dari TV, Berita online dari berbagai sumber.

salam hormat dariku,

wong_anTeng

G+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"