HUT Kota JogJakarta Ke-254

Awal hingga pertengahan oktober ini Kota Jogjakarta bakalan semarak dengan beragam festival budaya. Berbagai festival budaya yang diselenggarakan di berbagai wilayah jogja tersebut tidak lain untuk memperingati HUT Kota Jogjakarta ke-254.

JOGjA – Keberadaan Kota Jogjakarta tak lepas dari Kesultanan Jogjakarta yang terbentuk setelah penandatangan Perjanjian Giyanti (Pilihan nagari ) pada 13 Februari 1755. Sedangkan hari Jadi Kota Jogjakarta sendiri berawal dari momuntem kepindahan Sri Sultan HB I beserta keluarganya dari Ambar Ketawang ke Kraton Ngayogyakarta tepat pada 7 oktober 1756 yang kemudian sejak tahun 2004 melalui Peraturan daerah ditetapkan sebagai hari ulang tahun Kota Jogjakarta.
 

Panitia HUT Kota telah menyiapkan 9 acara kegiatan yang dimulai pada 1 oktober, yaitu lomba kesemarakan wilayah, lomba untuk anak-anak pelajar, Nighr Ride bersepeda Jogjaku di malam hari, dan pada 7 oktober yang merupakan hari jadi Kota Jogja akan diawali dengan upacara bendera di Balai Kota dan siangnya Pawai Mozaik Yogyakarta.

Selain itu mulai tanggal 8 s/d 15 oktober akan digelar Festival Kesenian 45 Kelurahan dan Puncak Acara HUT Kota Jogja adalah penyelenggaraan Jogja Java Carnival, yang dikemas tahun ini dikemas berbeda dengan tahun sebelumnya yakni dengan disiapkannya musik pengiring yang sama untuk seluruh rangkaian Carnival yang diperdengarkan disepanjang jalan Malioboro hingga Alun alun Utara Jogjakarta.

Ada Juga Karnaval dengan kendaraan instalasi seni yang akan dilaksanakan di sepanjang jalan Malioboro – Jalan Ahmad Yani dan finish di Alun-Alun Utara Kraton Jogjakarta, disiapkan sebagai acara berskala internasional yang diselenggarakan pada malam hari. Jogja Java Carnival ini akan digelar pada tanggal 16 Oktober 2010. Mulai Jam 19.00 WIB hingga selesai.

Berbagai Festival yang diselenggarakan 2010 ini juga sebagai ajang untuk mempromosikan kota Jogjakarta sebagai Kota Pariwisata, Ayow teman-teman datang ke Jogja dan saksikanlah.

salam hormat dariku,
wong_anTeng

HUT Kota JogJakarta Ke-254 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"