Kisahku dalam Berbank Syariah

Ini adalah Kisahku Dalam Berbank Syariah dimana aku mulai mengenal produk Bank Syariah sekitar akhir tahun 2007, kala itu ada seorang teman yang menawarkan aku untuk menabung dibank yang berbasis syariah. Temanku bilang, dengan uang yang relative kecil sudah bisa buka rekening plus dapat kartu ATM yang dapat dipakai diseluruh ATM bersama, perbulannya tidak dikenakan potongan dan sistemnya pakai sitem bagi hasil. Aku tak serta merta untuk menerima tawaranya, karena aku masih belum begitu tahu gimana sitem syariah itu? Apakah sama dengan bank konvensional? Waktu itu memang belum banyak bank yang bersistem syariah, jadi aku tak paham apa itu bank syariah, dan akupun membawa pulang selembar brosur dari temanku untuk aku pahami lebih lanjut.

Aku banding-bandingkan dengan bank konvensional kayaknya emang lebih menarik dan ekonomis, kebetulan saat itu aku berstatus nasabah bank konvensional, dimana perbulannya uangku yang jumlahnya tak seberapa kena potongan dan bunganyapun aku tak tau seberapa, yang jelas uangku tak bertambah meski katanya berbunga. Aku pikir-pikir kalau aku bertahan dibank konvensional hanya akan membuat semangat menyisihkan uang jajanku meredup, karena sudah aku bela-belain membudidayakan rajin nabung tapi uang tak kunjung ngumpul,bahkan kepotong dari bulan ke bulan.

Awal 2008 aku putuskan untuk menutup rekeningku dibank konvensional dan kemudian aku buka regkening di salah satu Bank syariah. Setelah beberapa bulan membuktikan, ternyata di Bank syariah memang tidak dikenakan biaya bulanan, untuk tarik tunai juga bebas biaya, yang jelas uangku aman tanpa kejar-kejar potongan bulanan. Dengan demikian semangat menanamkan budaya nabung pada diri sendiri tetep berjalan dengan sitem menyisihkan uang jajan.

Waktu ke waktu makin banyak bank yang menggunakan sitem syariah, al hasil banyak bank-bank syariah bermunculan. Banyaknya kemunculan bank syariah membuat aku penasaran, sebenarnya apa itu syariah dan apakah sitemnya sama antara bank syariah satu dengan lainya. Untuk mengobati rasa penasaranku, aku berusaha untuk mencari informasi bagaimana pengalaman menabung ditempat lain yang sama-sama sitemnya syariah. Temanku yang nabung ditempat lain bilang memang untuk bulanannya tidak kenakan potongan tapi ketika bertransaksi dengan bank selain syariah memang dikenakan biaya administrasi. Dari situ aku ambil kemungkinan bahwa sitem yang ada dalam bank syariah adalah sama meskipun beda banknya, asalkan sistemnya syariah maka operasionalnya pun tak akan jauh berbeda karena dalam bank syariah dikelola berdasarkan hukum Islam. Dengan adanya bank syariah bukan berarti bank konvensional tidak baik, tapi memang baiknya buat yang keberatan dengan system bunga pakai bank yang berbasis syariah mungkin akan lebih nyaman.

Dari pengalamanku sendiri ditambahan sidikit ngorek informasi dari temanku itu, aku punya sedikit gambaran bahwa bank syariah adalah bank yang dikembangkan berdasarkan syariah atau hukum islam, yang didalamnya tidak ada pemberian atau pemungutan bunga alias tak ada system bunga, keuntungan diperoleh dengan sistem bagi hasil. Tapi sebenarnya sampai sekarang aku tak paham betul menganai rincian bagi hasil dalam bank syariah, namun tak adanya potongan bulanan itu sudah membuatku aman dan nyaman sehingga aku tak perlu merisaukan seperti apakah bagi-bagi hasilnya. Serahkan saja pada pihak bank biar dikelola seadil-adilnya. Bagiku dimanpun tempat nabungnya, asal tidak ekori potongan bulanan itu sudah lebih dari cukup, karena aku nabung tujuannya untuk mengamankan uangku dari tindak jajan yang semana-mena alias gaya hidup boros.

Yah, Bagitulah sedikit pengalaman mengenai “Kisahku Dalam Berbank Syariah”. Kisahku ini tak bermaksud provokasi atau apapun, Ini hanyalah Sekedar berbagi cerita, dan mungkin apa yang teman-teman rasakan mengenai Bank Syariah tak serasa yang aku rasakan. Itu adalah pengalamanku dalam berbank syariah, Bagaimana dengan pengalamanmu?

http://ib-bloggercompetition.kompasiana.com/2010/10/01/kisahku-dalam-berbank-syariah/

salam hormat dariku,
wong_anTeng

Kisahku dalam Berbank Syariah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"