Meski Terjadi Gempa, Status Merapi Masih Siaga

YOGYA (KRjogja.com) – Sekitar Minggu (24/10) sore, terjadi swarm, atau gempa berturut-turut di sekitar Gunung Merapi. Kekuatan Gempa mencapai dua skala richter. Meski demikian, gempa tersebut tidak berarti banyak, dan belum menaikkan status merapi, dari siaga menuju awas.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM, Surono menegaskan kepada wartawan jelang tengah malam ini di kantor BPPTK Vulkanologi Yogyakarta bahwa status merapi masih siaga. Menurutnya, rapat koordinasi memang dilakukan malam ini, namun tidak untuk menaikan status merapi.

“Memang ada swarm, namun Merapi masih dalam status siaga, belum sampai ada kenaikan status” tegasnya.

Ia melanjutkan, memang terdapat rumor bahwa sudah terlihat titik api di Balerante. Namun menurutnya belum ada laporan resmi dari pos pengamatan, sehingga ia belum dapat memastikan bahwa titik api sudah muncul.

“Adanya hujan saat ini memang lebih mengencerkan guguran lava, dan bisa menjadi lahar Untuk itu, masyarakat sudah direkomendasikan untuk tidak beraktivitas di sekitar sungai yang dilalui jalur lava. Selain itu, belum ada rekomendasi yang baru,” tandasnya. (Den)


salam hormat dariku,

wong_anTeng

Comments

Baca Juga

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Siswa SD Joget Seronok, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Tugas Account Executive/AE

Mata Uang Termahal Di Dunia