Home » , , » Gunung Merapi Meletus 12 November 2010

Gunung Merapi Meletus 12 November 2010

Berdasarkan informasi teman yang sedang melakukan perjalanan ke Solo, nambak jelas dari jalan Jogja-Solo bahwa merapi mengeluarkan wedhus gembel. Aku lihat di status fb teman juga menuliskan bahwa Gunung Merapi meletus lagi hari ini, aku cari informasi di TV dan berita-berita online belum ada yang update tentang Gunung Merapi Meletus 12 November 2010. Dari komen fb teman, menuliskan bahwa hari ini memang merapi meletus kecil. Angin pagi ini cenderung ke arah barat.

Status Gunung Merapi hingga Jumat 12 November 2010 masih pada level IV status Awas. Semburan awan panas dan banjir lahar bisa terjadi sewaktu-waktu sehingga masyarakat diperintahkan tetap berada di zona aman, di luar radius 20 km dari puncak Merapi dan menjauh sedikitnya 1 km dari bantaran sungai yang berhulu di Gunung Merapi.

Kepala PVMBG Dr Surono melaporkan, semua hulu sungi di kawasan puncak Gunung Merapi telah tertimbun lahar. Tumpukan lahar tersebut sangat berpotensi menjadi banjir lahar bila kawasan puncak Merapi diguyur hujan terus menerus. Karena itu masyarakat pinggir kali (girli) diminta tanggap situasi. Sungai yang berpotensi banjir lahar meliputi Kali Woro, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Sat, Lamat, Senowo, Trising dan Apu. Area 1 km dari bantaran sungai ditetapkan sebagai daerah rawan bencana III dan sepatutnya untuk dihindari.

sumber: informasi teman, kr jogja.

salam hormat dariku,
wong_anTeng

G+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"