Hal yang Membahayakan dari Facebook

Dari informasi yang aku baca, bahwa sesungguhnya Mark zuckerberg, pendiri Facebook pernah menyatakan bahwa misi utama situs jejaring sosial yang dibuatnya adalah membuat 'dunia lebih terbuka dan terhubung'. Tapi, diakui tak semua hal di Facebook 'terbuka' , ada beberapa hal yang sebaiknya tak dilakukan oleh pengguna Facebook. Yang mana hal tersebut termasuk Hal yang Membahayakan dari Facebook. Banyak penjahat yang memanfaatkan kepopuleran facebook yang mendunia ini menjadi ajang untuk menjalankan aksi jahatnya.

Pastinya teman-teman pernah denger banyak berita disana-dimari yang mengabarkan banyak aneka gadis menjadi korban penculikan, dan tak jarang yang kembali pulang dalam keadaan tidak perawan. Bila aku lihat memang kebanyakan pemakai facebook di Indonesia begitu detai menceritakan segalanya di facebook udah gitu enggak diprivasi. Secara lengkap meraka menyebutkan nama lengkap, TTL, orang tua, saudara, no hp, alamat rumah, dan lain sebagainya secara mendetail,terlebih menyangkut hal yang pribadi yang tak seharusnya diketahui public. Apakah yang demikian itu salah? yups, tanpa kita sadari ada kalanya Sejumlah orang, seringkali membaca gerakan kita di Facebook? seperti pacar, bos, anggota kepolisian, bahkan perusahaan asuransi dan Penjahat dunia maya lainnya untuk memindai profil Facebook untuk informasi.

Facebook memang dibuat untuk menjadikan dunia lebih terbuka dan terhubung, namun jangan pula terlalu buka-bukaan, karena keterbukaan yang ada bisa membuat teman-teman terhubung dengan orang-orang yang tidak baik untuk pergaulan, kenyamanan dan keamamanan. Hal apa saja yang bisa membahayakan dari sebuah facebook? berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak diumbar difacebook:

1. Tempat dan Tanggal Lahir
2. Nama ibu kandung
3. Alamat rumah
4. Perjalanan liburan panjang
5. Perjalanan liburan Pendek (Hanya dalam kurun 3-7 hari)
6. Foto-foto koleksi pribadi yang tak pantas dikonsumsi publik
7. Rahasia Pribadi dan Orang Lain.
8. Nomor Telepon
9. Jadwal Liburan
10. Nama Anak
11. Foto dan status yang merujuk bahwa teman-teman penggila sesuatu yang menantang (Ekstrem)
12. Foto dan Status tentang layout rumah.
13. Profil teman keseluruhan di mesin pencari.

Hati-hati saja dengan segala yang teman-teman publikasikan difacebook, terlebih segala hal yang privasi. Yang aku herakan bagi mereka-meraka yang kabur atau diculik gara-gara facebook, APA YANG MEREKA PIKIRKAN? hingga mereka percaya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya kepada orang yang baru mereka kenal dari facebook. Bahkan di berbagai berita itu ada beberapa gadis yang dilarikan teman facebooknya itu sudah berstatus Mahasiswi, Sebegitu dangkal kah pola pikir mereka? Atau memang beginikah alam pergaulan remaja masa kini? Yang jelas mari kita manfaatkan facebook dengan baik dan benar dalam ranah yang positif.

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Comments

Baca Juga

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Tugas Account Executive/AE

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Kelebihan dan Kelemahan Media Iklan

MACAM-MACAM PROMOSI PENJUALAN