Indonesia Mengguncang Dunia dengan pasukan Gunungnya

Kini semua mata mulai tertuju pada Indonesia, Semenjak Gunung Merapi mulai aktif dan akhirnya meletus untuk pertama kali tanggal 26 Oktober ditahun 2010, dan hingga kini Letusan Gunung Merapi semakin besar dan terus nampak agresif. Selain Gunung Merapi yang sudah Meletus, gunung-gunung berapi lainya di berbagai wilayah Indonesia juga mulai bergejolak. Indonesia memang negara kaya, salah satu kekayaan Indonesia adalah kaya akan Gunung berapi yang aktif. Dengan bangkitnya aktivitas gunung berapi seolah Indonesia Mengguncang Dunia dengan pasukan Gunungnya. Kini Indonesia mulai jadi sorotan dunia, mengingat di masa silam beberapa gunung api di Indonesia meledak dengan hebatnya hingga dampaknya bisa dirasakan diseluruh dunia. Gunung api Indonesia yang pernah mengguncang dunia antara lain etusan Gunung Berapi Toba, Tambora dan Gunung Krakatau.

Letusan ketiga gunung berapi itu mampu mengubah iklim dunia dan memorakporandakan musim panen di Eropa. Tidak heran jika dari ratusan gunung berapi di Indonesia, ketiga gunung itu mendapat julukan "Super Volcano".

Danau Toba bukan merupakan danau biasa. Ia sebetulnya adalah kawah raksasa hasil letusan Gunung Berapi Toba sekitar 70 ribu tahun lalu. Letusannya begitu besar sehingga abunya dapat ditemukan di lapisan sedimentasi tanah di berbagai macam lokasi di dunia.

Abu vulkanis menyelimuti atmosfer dan menutupi sinar matahari sehingga tercipta "musim dingin vulkanis" yang menurunkan temperatur dunia sebesar 3 sampai 5 derajat Celcius. Kini, Gunung Toba tidak aktif lagi dan telah menjadi atraksi wisata paling terkenal di Sumatra Utara.

Pada April 1815, Gunung Tambora di Pulau Sumbawa meletus. Suara letusannya begitu dahsyat, sehingga dapat terdengar sejauh 2.600 kilometer. Letusannya diikuti gelombang Tsunami yang besar yang melanda sebagian besar pulau-pulau di Indonesia.

Letusan Gunung Tambora yang masih aktif hingga kini sempat menurunkan suhu dunia sebanyak 0,7 derajat Celcius. Akibatnya banyak negara di dunia yang mengalami masalah panen karena abu vulkanis Tambora yang merebak kemana-mana.

Sekitar 70 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1883, terjadi letusan gunung yang paling dikenal dunia. Ya, itulah Gunung Krakatau. Dentuman Krakatau saat itu bisa memekakan telinga dan terdengar hingga Perth, Australia.

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Related Posts

Indonesia Mengguncang Dunia dengan pasukan Gunungnya
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"