Kabar Gunung Merapi 5 November 2010

Rupanya sejak kemarin 4 November 2010 Gunung Merapi hampir 24 Jam erupsi, dan malam tadi dentuman merapi makin keras bahkan gemuruh akibat letusan Merapi terdengar dari jarak 20 kilometer dari puncak Merapi. Tidak hanya dentuman, beberapa getaran gempa vulkanik juga kian terasa di Kabupaten Sleman serta sebagian wilayah kota Yogyakarta hingga Kabupaten Bantul. Getaran tersebut memang tidak terasa begitu besar, namun intensitasnya terbilang cukup sering. suara dentuman dan gemuruh juga terdengar dari beberapa lokasi lain seperti Turi, Pakem dan Cangkringan. Suara gemuruh memang terdengar tidak terlalu sering, namun sudah terdengar beberapa kali dari pukul 20.00 WIB. Kabar Gunung Merapi 5 November 2010 yang meletus dini hari mengakibatkan banyak korban terutama korban luka bakar. Sedikitnya sudah ada 35 Korban luka bakar dilarikan kerumah sakit dan 8 orang meninggal dunia, bahkan hujan pasir sampai hingga ke kota Jogja.


Sebanyak 21 orang di antaranya mengalami luka bakar terkena awan panas. Belum diketahui identitas para korban dan asal pasti para korban. Diduga korban berasal dari Desa Blonggang, Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, 15 kilometer dari puncak Merapi. Sebagian korban juga mengalami infeksi saluran pernafasan serius akibat menghirup abu vulkanik Merapi. Tiga belas orang yang mengalami luka bakar akibat letusan Merapi juga dirawat di Rumah Sakit Suraji Tirtonegoro, Klaten, Jawa Tengah. Korban luka bakar akibat luncuran awan panas ini berasal dari Kecamatan Cangkringan dan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Korban dibawa ke Klaten, karena kapasitas Rumah Sakit Dokter Sardjito yang merawat korban luka bakar sudah penuh. Sebanyak 12 jenazah ditemukan di Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tujuh rumah di Blonggang, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, terbakar karena diterjang awan panas Gunung Merapi, Jumat 5 November 2010 dini hari.


Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono memutuskan wilayah aman ditingkatkan dari 15 kilometer menjadi 20 kilometer. Pengusungsi mulai panik dan menuju ke daerah yang lebih jauh, tempat lokasi pengungsi sekarang berada di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, selain itu juga di GOR UII di Jalan Kaliurang km 14,5, di Candibinangun, SMP Pakem, Kantor Kecamatan Pakem, bahkan hingga sampai di UPN dan juga UGM.


salam hormat dariku,

wong_anTeng

Kabar Gunung Merapi 5 November 2010 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"