Kabar Gunung Merapi 13 November 2010

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta mencatat aktivitas Gunung Merapi sepanjang Jumat (12/11) menurun. Namun, masyarakat tetap diminta waspada. Sebab, status Merapi belum diturunkan atau masih berstatus Awas. Setelah sempat 'istirahat' selama tiga hari, aktivitas Gunung Merapi kembali menggeliat. Jumat (12/11) petang, intensitas vulkanologi Merapi terpantau dengan ditandai keluarnya awan panas besar selama lebih dari satu jam yang disusul munculnya lava pijar. Awan panas terpantau sejak pukul 17.38 hingga 18.40 WIB, lalu mereda dan sekitar pukul 18.45 kemudian terlihat lava pijar. Luncuran awan panas mengarah ke selatan-barat daya. Jarak luncurnya belum diketahui, namun dipastikan jauh. Kabar Gunung Merapi 13 November 2010, menurut ahli vulkanologi dari Universitas Kyoto, Jepang, Masato Iguchi mengatakan bahwa Tipe letusan Gunung Merapi dinilai telah berubah. Ia mengatakan tipe letusan Merapi mengalami perubahan dibandingan dengan letusan sebelum 2006 yang ditandai dengan adanya pembentukan kubah lava.

Hingga hari ini 13 November 2010 korban tewas akibat Gunung Merapi sudah lebih dari 160 orang. Awan panas gunung merapi masih bisa terjadi setiap saat dan kecepatan luncurannya bisa lebih cepat karena tidak ada lagi penghalang, pepohonan sudah bertumbangan terkena luncuran yang sebelum-sebelumnya. Dan lahar dingin sewaktu-waktu juga bisa menghajar bantaran sungai. Ancaman banjir lahar juga makin serius, mengingat endapan lahar hampir memenuhi 12 sungai yang berhulu di puncak Merapi.

Diharapkan kepada para warga untuk lebih bersabar di pengungsian, jangan grusa-grusu ingin pulang. Bersabarlah hingga 'sandiwara' Merapi berakhir dengan baik, hingga hari ini status merapi masih awas dan zona aman masih 20 KM.

sumber: liputan 6.com dan kr jogja


salam hormat dariku,
wong_anTeng

Kabar Gunung Merapi 13 November 2010 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"