Letusan Besar Gunung Merapi

Semenjak kemarin 3 November 2010 hingga 4 November 2010 dini hari Letusan Gunung Merapi semakin dahsyat, dan aktifitasnya semakin agresif dan sulit diperkirakan, apalagi kemarin kabut beserta hujan lebat menyelimuti merapi. Sedari malam tadi Merapi terus saja agresif dan awan panas terus keluar, sehingga banyak warga disekitar lereng merapi yang dievakuasi. Letusan Besar Gunung Merapi membuat warga panik dan Titik aman yang tadinya 10 KM dinaikan menjadi 15 KM. Dan beberapa pos pengungsian yang berada didaerah Klaten nampak melebihi kapasitas.

Hasil pengamatan visual dan data dari stasiun instumentalia, sepanjang hari Rabu (3/11) mulai pukul 00 hingga pukul 24.00 menunjukkan aktivitas Gunung Merapi masih agresif.

Dalam rentang waktu 24 jam, terjadi kegempaan Guguran lebih dari 184 kali, Multi Pase (MP) 21 kali, Low Frekuensi (LF) 11 kali. Semburan awan panas lebih dari 100 kali.

Sedang hasil pengamatan langsung (visual) terlihat Gunung Merapi melepas asap solfatara putih tebal tinggi sebanyak delapan kali, jarak luncur maksimal 3 km mengarah ke Kali Gendol. Guguran lava pijar 5 kali jarak luncur maksimal 800 meter, juga mengarah di Kali Gendol. Suara gemuruh akibat semburan lava setinggi 500 meter.

Pagi ini pun awan panas yang begitu tebal nampak dipuncak merapi, Letusan Gunung Merapi yang terus terjadi hingga dini hari 4 November 2010 membuat sejumlah daerah di Jawa Tengah turut di guyur hujan abu, diantaranya adalah di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Para pengendara yang melintasi jalur alternatif Banjarnegara-Purbalingga-Banyumasm menyatakan jarak pandang mereka menjadi terbatas akibat abu vulkanik yang berterbangan. Abu vulkanik juga mengganggu pernafasan, terutama bagi pengendara sepeda motor.

Hingga dini hari tadi, hampir seluruh jalan di wilayah Karesidenan Banyumas tertutup debu vulkanik Merapi, termasuk pepohonan di pekarangan warga. Para pengendara juga diimbau untuk lebih berhati-hati, karena jarak pandangnya terbatas.

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Letusan Besar Gunung Merapi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"