Merapi Kembali Meletus 1 November 2010

Setelah Meletus pertama tanggal 26 Oktober, kemudian Merapi kembali meletus 30 Oktober 2010, dan hari ini Merapi Kembali Meletus 1 November 2010. Letusan 1 November 2010 ini lebih dahsyat dari letusan sebelumnya, muntahan lahar panas kearah daerah Klaten, selain itu terjadi hujan kerikil di daerah Boyo lali. Letusan terjadi sekitar pukuk 10.00 WIB, lahar panas mengarah ke Kaliadem dan Kali Gendol, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Abu Vulkanik terlihat menyembur ke arah selatan yaitu Sleman, Sedangkan hujan kerikil terjadi sekitar 1 Jam di Desa Wonojoyo, Kecamatan Cempogo, Boyolali, Jawa Tengah, yang letaknya sekira 5 kilometer dari Puncak Merapi.

Pada Letusan Merapi 1 November 2010 Gempa vulkanik diketahui tidak terjadi dan menunjukkan bahwa sistem dari Merapi semakin terbuka. Puncak Merapi yang telah membentuk kubah pada letusan tahun 2006 lalu telah terbongkar dan meruntuhkan marerial hingga 2 juta meter kubik. Dengan runtuhnya kubah tersebut maka sudah tidak ada penghalang lagi bagi magma untuk keluar, dengan terbukanya sistem di gunung Merapi, suplay magma dari bawah akan terdorong keluar dengan bebas. Dengan runtuhnya kubah lava pada letusan tahun 2006 diakui juga memiliki pengaruh pada kubah yang terbentuk di tahun 1911. "Kubah tahun 1911 menjadi terus terkikis. Jika semakin rapuh maka bisa menyebabkan longsor dan ketika kembali terjadi letusan vertikal maka awan panas akan mengarah kemana-mana.

Dengan demikian hampir segela penjuru sudah dilalui dampak meletusnya gunung merapi baik itu berupa awan panas, abu vulkanik, dan juga hujan kerikil yang meliputi daerah Sleman, Magelang, Klaten dan juga Boyolali.

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Comments

Baca Juga

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Tugas Account Executive/AE

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Siswa SD Joget Seronok, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

Belajar Menggunakan Google Plus/Google+