Mendagri Pastikan Sultan DIY Tetap Punya Hak Istimewa

Masih dalam terkait ngopi soal Jogjakarta, berikut ada lagi judul Mendagri Pastikan Sultan DIY Tetap Punya Hak Istimewa yang aku ambil dari situsnya TVone. Berikut adalah copianya:

Yogyakarta, (tvOne)

Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan, Sultan Yogyakarta tetap punya hak istimewa di antaranya mengatur masalah pertanahan, tata ruang dan kebudayaan, meskipun bila nantinya tidak lagi menjabat sebagai gubernur.

"Sultan Yogya itu tetap merupakan simbol tertinggi, jadi tetap punya hak-hak istimewa meski misalnya tidak lagi menjadi gubernur," kata Mendagri Gamawan Fauzi di Padang, seperti dilansir ANTARA, Selasa (14/12).

Mendagri menyatakan hal tersebut terkait kesepakatan DPRD Yogyakarta yang telah menyatakan bahwa sultan tetap secara otomatis ditetapkan menjadi gubernur di daerah istimewa itu. Menurut dia, jika ingin menjadi gubernur, maka sultan harus mengikuti pemilihan baik secara langsung atau melalui kesepakatan DPRD setempat.

Meski demikian, katanya, tetap diberikan keistimewaan dalam pemilihan kepala daerah di Yogyakarta itu, di antaranya, jika sultan maju, tidak boleh ada kerabat kerajaan lainnya yang ikut pemilihan. "Jadi kesempatan untuk sultan itu memenangkan pemilihan itu bisa menjadi lebih besar," katanya.

Selain itu, calon lainnya yang maju harus merupakan usulan dari partai politik bukan dari perorangan. "Kalau di daerah lain calon tersebut bisa diajukan dari perorangan, khusus Yogyakarta calon yang diusung harus dari partai," katanya.

@http://nasional.tvone.co.id/berita/view/46362/2010/12/14/mendagri_pastikan_sultan_diy_tetap_punya_hak_istimewa/
---------------------------

semakin aku membaca malah semakin gak dong, semoga dapat keputusan yang terbaiklah.

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Comments

Baca Juga

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Siswa SD Joget Seronok, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Tugas Account Executive/AE

Mata Uang Termahal Di Dunia