UNTUK APA PROMOSI DILAKUKAN?

Mari lanjut lagi postingnya, sebelumnya telah diulas KENAPA PROMOSI ITU PENTING? buat yang belum menyimak bisa dilihat dipostingan sebelumnya tuh. Nah kini saatnya mengulas UNTUK APA PROMOSI DILAKUKAN? Dalam melaksanakan suatu kegiatan, pasti mempunyai tujuan dan menginginkan suatu mafaat yang bisa diambil dari kegiatan tersebut. Kegiatan promosi dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu, tujuan itu antara lain adalah:



1.Menginformasikan Barang/Jasa

Promosi yang baik yakni berisi mengenai informasi barang/jasa yang dijual secara padat namun detail serta jelas. Sebuah promosi tidak hanya untuk menawarkan produk barang/jasa saja namun juga bisa digunakan untuk menawarkan tempat usaha. Promosi yang dilakukan hendaknya menjangkau masyarakat luas agar mampu memperoleh konsumen yang banyak.

Misalnya, anda memiliki sebuah conter HP yang menjual berbagai jenis merek HP, menjual asesoris dan juga jualan Pulsa. Dalam berpromosi baiknya disampaikan bahwa anda menjual ketiga kategori barang tersebut, jangan hanya menginformasikan salah satunya saja.

Misalnya saja didepan conter anda pasang Tulisan “DAPATKAN BERBAGAI MACAM PILIHAN HP-ASESORIS-PULSA dengan HARGA TERJANGKAU HANYA di BARUCELL”,yang demikian itu sudah termasuk promosi, sehingga setiap kali ada orang lewat dan membaca tulisan tersebut seketika tau bahwa conter anda menjual HP, Asesoris, dan juga pulsa, bukan conter yang hanya jualan HP saja.

Contoh lainnya, anda adalah seorang pemilik usaha kos-kosan, agar kos-kosan anda laku promosikanlah dengan informasi yang jelas meliputi informasi mengenai tempat, harga, fasilitas, dan lain-lainnya secara lengkap dan jelas sehingga mempermudah calon penghuninya.

2.Menarik Konsumen untuk Melakukan Pembelian

Sebuah promosi dilakukan dengan tujuan menarik kosumen agar melakukan pembelian, untuk itu buatlah sebuah promosi yang menarik dan unik agar bisa merangsang rasa penasaran konsumen sehingga tertarik untuk melakukan pembelian. Berikan informasi mengenai manfaat atau keunggulan barang/jasa agar semakin menarik, karena sebagaian besar konsumen akan melakukan pembelian bila tertarik atas manfaat atau keunggulan suatu barang/jasa.

Seandainya anda jualan pulsa dengan harga lain dari yang lain karena ditempat anda harganya lebih murah, maka tonjolkanlah informasi mengenai harga pulsa yang murah tersebut misalnya dengan memasang papan berisi daftar harga yang jelas didepan conter.

Semakin banyak orang yang tau mengenai keunggualan conter anda yaitu unggul dalam hal harga yang lebih murah dari yang lain, akan menjadikan conter anda memiliki daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Kebanyakan konsumen mencari harga yang miring, bahkan selisih Rp 100,00 saja bisa bikin berpaling.

3.Mendorong Konsumen untuk Melakukan Pembelian Ulang

Promosi juga bertujuan untuk mendorong konsumen agar melakukan pembelian ulang. Promosi ini merupakan promosi berkesinambungan yang bisa ditempuh dengan cara pemberian kupon berhadiah, permainan, atau perlombaan selama periode tertentu mungkin bisa mingguan/bulanan.

Cara seperti ini bisa merangsang konsumen untuk melakukan pembelian ulang atas barang/jasa yang dijual. Misalnya, tiap pembelian pulsa dengan nominal 5000 mendapatkan 1 kupon, seminggu sekali akan dilakukan pengundian dan yang menang akan mendapatkan hadiah misalnya pulsa gratis atau mendapatkan asesoris dan lain sebagainya.

4.Mendorong Konsumen untuk Peningkatkan Pembelian

Ciptakan suatu variasi promosi yang bisa mendorong konsumen untuk meningkatkan pembelian. Pemberian kupon hadiah juga merupakan salah contoh yang bukan hanya menarik konsumen untuk melakukan pembelian ulang namun juga bisa menarik konsumen untuk meningkatkan pembelianya.

Contoh lain promosi yang bisa menarik peningkatan pembelian adalah potongan harga, misalnya pulsa 5000 hargannya Rp 6000,00, pulsa 10.000 hargarnya Rp 10.500,00, pulsa 20.000 harganya Rp 20.000, pulsa 50.000 harganya Rp 48.000,00 dan lain sebagainya. Dengan nominal semakin atas maka harganya semakin murah, hal ini bisa merangsang para konsumen untuk membeli nominal yang besar karena beranggapan harganya lebih murah.

Dari berbagai tujuan diatas, tujuan akhir dari promosi adalah untuk mendapatkan keuntungan usaha. Maka dari itu ciptakan sebuah promosi yang mampu mendatangkan keuntungan bagi usaha bisnis yang dijalankan. Demikian semoga bermanfaat.

Salam hormat,
IG @widhawatitok

KETIDAK TAATAN ANDA HARGANYA MAHAL

Saat jalan-jalan mencari berita saya temukan sebuah daftar istimewa untuk para pengendara MOTOR. Bagi rekan-rekan pengendara Motor berikut adalah daftar harga yang harus anda bayar untuk ketidaktaatan saat mengendarai SEPEDA MOTOR. UU Lalu Lintas Angkutan Jalan no. 22/2009:  

Tak punya SIM? Diatur Pasal 281 jo Pasal 77 (1), denda Rp 1 juta.  

Berkegiatan lain saat mengemudi, atau dipengaruhi keadaan yang mengurangi konsentrasi? Diatur Pasal 283 jo Pasal 106 (1), denda Rp 750 ribu  

Tak mematuhi sinyal peringatan kereta api, menerobos palang di persimpangan rel? Aturan Pasal 296 jo pasal 114a, denda Rp 750 ribu  

Melanggar rambu/marka? Diatur Pasal 287 (1) jo psl 106 (4a) dan Psl 106 (4b), denda Rp 500 ribu. STNK tak sah? Diatur Pasal 288 (1) jo Pasal 106 (5a), denda Rp 500 ribu.  

Tanda nomor tak sah? Diatur Pasal 280 jo Pasal 68 (1), denda Rp 500 ribu.  

Melanggar batas kecepatan maksimum atau minimum? Diatur Pasal 287 (5) jo Pasal 106 (4g) atau Pasal 115a, denda Rp 500 ribu.  

Asesori membahayakan seperti lampu silau, bumper tanduk? Diatur Pasal 279 jo Pasal 58, denda Rp 500 ribu.  

Tak mengutamakan pejalan kaki atau pesepeda? Diatur Pasal 284 jo Pasal 106 (2), denda Rp 500 ribu.  

Berhenti darurat, tapi tak memasang segitiga pengaman atau isyarat lain? Diatur Pasal 298 jo Pasal 121 (1), denda Rp 500 ribu.  

Ada juga denda Rp 250 ribu per pelanggaran
- Tak membawa SIM 
- Tak memakai sabuk keselamatan 
- Tak memakai helm 
- Malam hari, lampu utama tak menyala 
- Mengganggu fungsi rambu, marka, alat pengaman pengguna jalan (berlaku untuk setiap orang) 
- Tak mematuhi perintah petugas untuk berhenti, jalan terus, melaju cepat, melambat, atau mengalihkan arus - Melanggar tata cara penggandengan kendaraan 
- Pindah lajur tanpa isyarat 
- Membelok atau berbalik arah tanpa isyarat 
- Tak memberi prioritas pada kendaraan tertentu, termasuk yang dikawal petugas Polri  

sumber: TMC Polda Metro Jaya  

Sungguh harga yang cukup mahal untuk membayar ketidaktaatan. Bukan hanya itu, mulai bulan april ini helm yang dipakai harus memenuhi SNI. Pemerintah telah menerapkan peraturan wajib helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) sejak 1 April 2010. Pengendara yang tidak menggunakan helm ber-SNI pun, akan dikenakan denda hingga Rp 250 ribu. 

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Minggu (4/4) melansir beberapa helm yang telah sesuai SNI. Helm-helm itu adalah NHK, GM, VOG, MAZ, MIX, INK, KYT, MDS, BMC, HIU, JPN, BESTI, CROSX, SMI, SHC, OTOKOGI, CABERG, HBC, dan Cargloss Helmet. Helm-helm itu diproduksi dan diimpor oleh PT Tara Kusuma Indah, UD Safety Motor, PT Dinaheti Motor Industri, PT Danapersadaraya Motor Industri, PT Mega Karya Mandiri, PT Inplasco, PT Helmindo Utama, serta CV Triona Multi Industri. Sedangkan helm-helm bermerk terkenal antara lain Nolan, Arai, AGV, Shoei, Shark, dan KBC ternyata belum memiliki Standar Nasional Indonesia. (sumber:VIVAnews)

ciak...desing....jrootzzzz....

salam hormat dariku,

wong_anTeng

KENAPA PROMOSI ITU PENTING?

Adakah seseorang yang menganggap bahwa promosi itu tidak penting? Pastinya ada, mungkin mereka merasa bahwa riski sudah diatur oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga setelah mereka mendirikan sebuah usaha mereka langsung berserah diri karena laku atau tidak sudah ada yang mengatur. Pemikiran seperti itu mungkin benar tapi akan lebih baik jika kita senantiasa berusaha agar usaha yang telah kita dirikan rame pembeli. Tuhan akan memberikan bagian yang banyak bagi mereka yang mengusahakan banyak. Jadi setelah mendirikan sebuah usaha bisnis segeralah berupaya agar bisa menarik konsumen/pembeli sebanyak mungkin. Salah satu cara yang bisa diterapkan untuk menarik banyak konsumen/pembeli itu adalah promosi. KENAPA PROMOSI ITU PENTING?



Contoh simple promosi adalah gambar diatas, dikatakan promosi karena dalam gambar menginformasikan alamat blog dan IG ya meskipun sekilas gak penting tapi itu diam-diam termasuk promosi loh.

Promosi adalah salah satu aspek yang diperlukan dalam sebuah kegiatan bisnis, jadi jelaslah bahwa promosi itu memang penting. Tanpa promosi usaha bisnis kita tidak akan dikenal banyak orang sehingga akan sulit berkembang. Dengan mengadakan promosi paling tidak kita bisa mempertahankan pangsa pasar dan tetap bisa bersaing dengan pihak lain. Jangan menganggap remeh akan arti sebuah promosi karena manfaatnya begitu besar, terutama dalam mendukung kelangsungan hidup usaha bisnis.

Manfaat atau fungsi dari promosi yaitu untuk menyebar luaskan informasi barang/jasa kepada para konsumen/pembeli. Selain itu juga akan mempermudah dalam mendapatkan konsumen baru dan menjaga kesetiaan konsumen. Dengan semakin bertambahnya konsumen baru dan semakin setianya konsumen maka kenaikan penjualan sudah pasti bisa tercapai dan keuntungan akan semakin besar.

Promosi juga berperan untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar. Manfaatkan pula, promosi untuk membedakan serta menawarkan keunggulan barang/jasa dibanding barang/jasa pihak lain. Promosikan sesuatu yang menjadi ciri khas dari barang/jasa yang dijual agar terbentuk sebuah citra di benak para konsumen. Karena manfaatnya begitu besar, itu berarti bahwa promosi memang penting bagi sebuah usaha bisnis.

Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat.

Salam hormat,
IG @widhawatitok

MELINTAS KLATEN

Saya ini ngakunnya orang KLATEN, karena memang benar-benar lahir di KLATEN tepi eh tetapi jangan tanyakan wilayah-wilayah bagian ataupun jalan-jalan di KLATEN karena saya kagak hafal alias kagak tau. Mungkin karena bukan anak gaul yang suka jalan-jalan makanya saya kagak tau Daerah Klaten. Untuk sekedar mengabadikan ketidak tauan saya pada bumi Klaten tak bikin Label MELINTAS KLATEN seperti halnya MELINTAS JOGJA. Sedikit demi sedikit akan ku Explor wilayah KLATEN. Bagi rekan-rekan yang punya usaha dan butuh promosi via dunia maya yuk mari pasang di sini saja karena ini blog Asli punyanya wong KLATEN. Bumi klaten akan saya sebar pamerkan melalui blog BERITA'KU ini..... Semoga Blog ini nantinya jadi sumber informasinya KOTA KLATEN BERSINAR....

ciak...desing....jrootzzzz....

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Siapa Saja YANG MEMERLUKAN PROMOSI?

Jika ada pertanyaan Siapa Saja Yang Memerlukan Promosi? Boleh dijawab bahwa semua orang yang mengiginkan sesuatu maka mereka memerlukan sebuah promosi.

Seorang laki-laki atau perempuan yang sekian lama mendambakan seorang pendamping hidup yang tak kunjung datang, maka ada baiknya jika ia melakukan promosi, mungkin dengan cara ikutan biro jodoh.

Seorang mahasiswa yang ingin nilainya bagus maka bisa ditempuh dengan belajar dan mempromosikan hasil belajarnya didepan dosen, misalnya dengan mengerjakan tugas-tugas dari dosen dengan sebaik mungkin.

Seseorang yang mengiginkan pekerjaan, maka sudah selayaknya ia mempromosikan diri kepada para pencari pekerja atau perusahaan dengan menawarkan segala potensi dan keahlian untuk meyakinkan para pencari pekerja bahwa ia sanggup melaksanakan pekerjaan itu.

Seseorang yang menginginkan penghasilan dengan membuka sebuah counter HP, baiknya ia segera mempromosikan counternya agar segera memperoleh konsumen bahkan pelanggan yang banyak.

Meskipun banyak orang yang memerlukan promosi, boleh dikata yang paling memerlukan promosi adalah para pemilik usaha bisnis. Usaha bisnis yang seperti apa yang memerlukan promosi? Apakah hanya usaha-usaha bisnis kelas kakap saja? Jelas bukan, karena semua jenis usaha bisnis memerlukan promosi, entah itu usaha reparasi jam, penjahit, jualan sate, warung soto, deler motor, ataupun usaha-usaha kecil-menengah lainya.

Jadi yang namanya usaha bisnis itu bukanlah usaha-usaha kelas kakap saja, usaha kecil-kecilanpun itu termasuk usaha bisnis, apalagi usaha kelas menengah. Para pemilik usaha bisnis kelas kakap sudah pasti memiliki sebuah manajemen khusus yang menangani masalah promosi dalam sepak terjang usahanya.

Bagi para pemilik usaha kecil-menengah kini saatnya untuk menerapkan promosi dalam usaha bisnis agar tidak tertutupi oleh usaha-usaha kelas kakap, jadikan usaha kecil-menengah yang saat ini dirintis menjadi sebuah usaha yang besar.

Promosi merupakan kegiatan yang erat kaitanya dengan dunia bisnis, maka dari itu bagi siapa saja yang terjun dalam dunia bisnis baiknya promosikan usaha bisnis anda. Kenalkanlah usaha bisnis anda kepada masyarakat. Bujuk mereka agar mau membeli barang/jasa yang kita jual.

Dan ingatkanlah mereka agar barang/jasa yang kita jual tidak terlupakan. Buatlah para konsumen/pembeli menjadi loyal atau setia terhadap barang/jasa yang kita jual. Biar bagaimanapun promosi itu memang diperlukan dalam kegiatan usaha baik untuk mempertahankan ataupun pengembangkan, untuk itu lakukanlah promosi meski hanya kecil-kecilan.

Cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Salam hormat,
IG @widhawatitok