Kali Kebo, Kali Temphok, dan sekitarnya di daerah Klaten Dilanda Banjir

Daerah Klaten sore ini dilanda banjir, aku dapat kabar dari teman di fb katanya didaerah keden, tambong dan sekitarnya di kabupaten Klaten dilanda banjir. Segera aku SMS kakakku dan ternyata benar, sewaktu aku sms orang-orang rumah baru gotong royong buat mbendung tanggul karena tanggulnya udah hampir dilampaui air. Ini berarti Kali Kebo yang mengalir di tetangga desaku dan Kali temphok yang berada didaerah rumahku dialiri air banjir dengan volume yang cukup besar. Sudah lama memang sungai depan rumahku itu rak dilanda banjir besar. Biasanya kala dilanda banjir, airnya bakalan meluap didaerah cawas, tapi sekarang kabarnya didaerah barat udah meluap duluan.

Menjelang pukul 20.00 WIB dapat sms dari rumah katanya didaerah Kalikebo airnya sudah meluap dan jalannyapun ditutup karena sudah tergenang luapan air sungai, dengan demikian kemungkinan rumahku aman, selain itu dari arah selatan didaerah pengkol juga udah meluap. Dekat rumahku adalah tempat pertemuan dua sungai dari arah barat yaitu Kalikebo dan arah selatan dari daerah Bayat. 

Pukul delapanan lebih dapat kabar lagi dari teman bahwa daerah Bodrorejo direndam air setinggi 50cm, menjelang pukul sembilanan dapat info lagi dari teman yang rumahnya di Cawas bahwa di rumahnya sudah terendam air setinggi lutut.

salam hormat dariku,

wong_anTeng
Indonesia Mengguncang Dunia dengan pasukan Gunungnya

Indonesia Mengguncang Dunia dengan pasukan Gunungnya

Kini semua mata mulai tertuju pada Indonesia, Semenjak Gunung Merapi mulai aktif dan akhirnya meletus untuk pertama kali tanggal 26 Oktober ditahun 2010, dan hingga kini Letusan Gunung Merapi semakin besar dan terus nampak agresif. Selain Gunung Merapi yang sudah Meletus, gunung-gunung berapi lainya di berbagai wilayah Indonesia juga mulai bergejolak. Indonesia memang negara kaya, salah satu kekayaan Indonesia adalah kaya akan Gunung berapi yang aktif. Dengan bangkitnya aktivitas gunung berapi seolah Indonesia Mengguncang Dunia dengan pasukan Gunungnya. Kini Indonesia mulai jadi sorotan dunia, mengingat di masa silam beberapa gunung api di Indonesia meledak dengan hebatnya hingga dampaknya bisa dirasakan diseluruh dunia. Gunung api Indonesia yang pernah mengguncang dunia antara lain etusan Gunung Berapi Toba, Tambora dan Gunung Krakatau.

Letusan ketiga gunung berapi itu mampu mengubah iklim dunia dan memorakporandakan musim panen di Eropa. Tidak heran jika dari ratusan gunung berapi di Indonesia, ketiga gunung itu mendapat julukan "Super Volcano".

Danau Toba bukan merupakan danau biasa. Ia sebetulnya adalah kawah raksasa hasil letusan Gunung Berapi Toba sekitar 70 ribu tahun lalu. Letusannya begitu besar sehingga abunya dapat ditemukan di lapisan sedimentasi tanah di berbagai macam lokasi di dunia.

Abu vulkanis menyelimuti atmosfer dan menutupi sinar matahari sehingga tercipta "musim dingin vulkanis" yang menurunkan temperatur dunia sebesar 3 sampai 5 derajat Celcius. Kini, Gunung Toba tidak aktif lagi dan telah menjadi atraksi wisata paling terkenal di Sumatra Utara.

Pada April 1815, Gunung Tambora di Pulau Sumbawa meletus. Suara letusannya begitu dahsyat, sehingga dapat terdengar sejauh 2.600 kilometer. Letusannya diikuti gelombang Tsunami yang besar yang melanda sebagian besar pulau-pulau di Indonesia.

Letusan Gunung Tambora yang masih aktif hingga kini sempat menurunkan suhu dunia sebanyak 0,7 derajat Celcius. Akibatnya banyak negara di dunia yang mengalami masalah panen karena abu vulkanis Tambora yang merebak kemana-mana.

Sekitar 70 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1883, terjadi letusan gunung yang paling dikenal dunia. Ya, itulah Gunung Krakatau. Dentuman Krakatau saat itu bisa memekakan telinga dan terdengar hingga Perth, Australia.

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Hal yang Membahayakan dari Facebook

Dari informasi yang aku baca, bahwa sesungguhnya Mark zuckerberg, pendiri Facebook pernah menyatakan bahwa misi utama situs jejaring sosial yang dibuatnya adalah membuat 'dunia lebih terbuka dan terhubung'. Tapi, diakui tak semua hal di Facebook 'terbuka' , ada beberapa hal yang sebaiknya tak dilakukan oleh pengguna Facebook. Yang mana hal tersebut termasuk Hal yang Membahayakan dari Facebook. Banyak penjahat yang memanfaatkan kepopuleran facebook yang mendunia ini menjadi ajang untuk menjalankan aksi jahatnya.

Pastinya teman-teman pernah denger banyak berita disana-dimari yang mengabarkan banyak aneka gadis menjadi korban penculikan, dan tak jarang yang kembali pulang dalam keadaan tidak perawan. Bila aku lihat memang kebanyakan pemakai facebook di Indonesia begitu detai menceritakan segalanya di facebook udah gitu enggak diprivasi. Secara lengkap meraka menyebutkan nama lengkap, TTL, orang tua, saudara, no hp, alamat rumah, dan lain sebagainya secara mendetail,terlebih menyangkut hal yang pribadi yang tak seharusnya diketahui public. Apakah yang demikian itu salah? yups, tanpa kita sadari ada kalanya Sejumlah orang, seringkali membaca gerakan kita di Facebook? seperti pacar, bos, anggota kepolisian, bahkan perusahaan asuransi dan Penjahat dunia maya lainnya untuk memindai profil Facebook untuk informasi.

Facebook memang dibuat untuk menjadikan dunia lebih terbuka dan terhubung, namun jangan pula terlalu buka-bukaan, karena keterbukaan yang ada bisa membuat teman-teman terhubung dengan orang-orang yang tidak baik untuk pergaulan, kenyamanan dan keamamanan. Hal apa saja yang bisa membahayakan dari sebuah facebook? berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak diumbar difacebook:

1. Tempat dan Tanggal Lahir
2. Nama ibu kandung
3. Alamat rumah
4. Perjalanan liburan panjang
5. Perjalanan liburan Pendek (Hanya dalam kurun 3-7 hari)
6. Foto-foto koleksi pribadi yang tak pantas dikonsumsi publik
7. Rahasia Pribadi dan Orang Lain.
8. Nomor Telepon
9. Jadwal Liburan
10. Nama Anak
11. Foto dan status yang merujuk bahwa teman-teman penggila sesuatu yang menantang (Ekstrem)
12. Foto dan Status tentang layout rumah.
13. Profil teman keseluruhan di mesin pencari.

Hati-hati saja dengan segala yang teman-teman publikasikan difacebook, terlebih segala hal yang privasi. Yang aku herakan bagi mereka-meraka yang kabur atau diculik gara-gara facebook, APA YANG MEREKA PIKIRKAN? hingga mereka percaya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya kepada orang yang baru mereka kenal dari facebook. Bahkan di berbagai berita itu ada beberapa gadis yang dilarikan teman facebooknya itu sudah berstatus Mahasiswi, Sebegitu dangkal kah pola pikir mereka? Atau memang beginikah alam pergaulan remaja masa kini? Yang jelas mari kita manfaatkan facebook dengan baik dan benar dalam ranah yang positif.

salam hormat dariku,

wong_anTeng