Bisnis Model MLM(MULTI LEVEL MARKETING)

Bisnis Model MLM(MULTI LEVEL MARKETING) merupakan model bisnis yang sudah ada sedari dulu, cara kerjanya dengan member get member alias satu orang mencari orang yang lainnya untuk mengikuti bisnis yang bersangkutan sehingga posisi orang baru itu dibawah satu tinggat dari orang yang mengajaknya bergabung. Semakin banyak orang yang berhasil diajaknya untuk bergabung maka akan semakin banyak pula penghasilan yang ia dapatkan. Iming-imingnya begitu menggiurkan, tawaran penghasilannya jutaan bahkan miliyaran, semakin banyak bawahannya akan semakin tinggi jabatannya sehingga tanpa susah-susah lagi uang sudah mengalir yang bersusah-suah adalah member yang berada diposisi paling bawah. Bisnis Model MLM(MULTI LEVEL MARKETING) beragam bentuknya, ada yang dengan jualan obat-obatan, jualan pulsa, jualan kosmetik, dan lainya dengan tawaran bonus yang sedemikian rupa dan menggiurkanya agar orang-orang tertarik untuk bergabung. Tidak hanya bisnis offline saja yang memakai system MLM, banyak juga bisnis online yang memakai sitem ini.

Sebagain besar Bisnis Model MLM(MULTI LEVEL MARKETING) tak bertahan lama, bahkan banyak pula yang spam atau penipu. Bisnis macam MLM datang dan pergi dengan tampilan yang berbeda namun modelnya tetep sama yaitu member get meber. Bagi orang yang mempunyai koneksi yang banyak dan pandai merayu tentu bisnis seperti ini amat menyenangkan. Orang-orang yang mengikuti model ini tentu seringkali mengadakan pertemuan atau brifing, dalam pertemuan tersebut akan digembor-gemborkan iming-iming agar supaya para member semakin tertarik dan semakin semangat untuk mencari atau mengajak orang lain untuk ikut bergabung.

Aku sendiri mendengar Model binis MLM sedari awal kuliah ditahun 2005an, Cuma sebatas mendengar saja tidak ikut-ikutan. Kebetulan ada teman yang ikut dan aku perhatikan ia rajin keluar mengikuti pertemuan-pertemuan. Sejak pertama aku mendengar aku sudah tak tertarik, karena dengan iming-iming yang mewah itu jadi buatku tak menarik lagi, mungkin bagi orang lain tawaran yang menggiurkan itu sangat menggodanya tapi tidak dengan aku, karena aku pikir-pikir ya itu tadi: “Bisnis Model MLM(MULTI LEVEL MARKETING) tak bertahan lama, bahkan banyak pula yang spam atau penipu”. Meraka datang silih berganti dengan nama yang berbeda namun sitemnya sama yaitu MLM(MULTI LEVEL MARKETING). Bankan model bisnis MLM ini sudah membuming hingga pedesaan. Status halal tidaknya Model Bisnis MLM banyak diperbincangkan, menurut aku tergantung kepercayaan masing-masing saja, jadi aku tak ikut ribut-ributan. Apapun modelnya memang beginilah dunia bisnis, keberadaanya amat memerlukan terobosan-terobosan yang menarik untuk sekedar bertahan atau berkembang.

salam hormat dariku,
wong_anTeng

Comments

  1. Your blog is great你的部落格真好!!
    If you like, come back and visit mine: http://b2322858.blogspot.com/

    Thank you!!Wang Han Pin(王翰彬)
    From Taichung,Taiwan(台灣)

    ReplyDelete
  2. ok,thank for your visit, wait me feedback @http://b2322858.blogspot.com/ (your blog)....

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"

Baca Juga

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Tugas Account Executive/AE

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

MACAM-MACAM PROMOSI PENJUALAN

Mata Uang Termahal Di Dunia