Home » » Modal-modal untuk safety riding!

Modal-modal untuk safety riding!


Berkendara adalah suatu rutinitas yang mau tak mau harus dilalui untuk sampai ditujuan tertentu untuk berbagai kepentingan, baik untuk kepentingan pekerjaan, menghadiri suatu acara atau mungkin sekedar berlibur atau bahkan mudik atau mungkin hanya untuk membeli sayur ke pasar. Semakin banyaknya kendaraan yang beredar dijalanan membuat suasana jalan semakin rawan dengan yang namanya kecelakaan. Baik jarak dekat atau jauh pastinya semua pengendara harap-harap selamat karena kecelakaan itu tak pandang bulu, bisa terjadi setiap waktu baik di jalan yang mulus atau bergelombang, di desa ataupun di perkotaan. Dalam rangka mencegah atau mengurangi kecelakaan lalu-lintas yang marak saat ini maka dibutuhkan Modal-modal untuk safety riding! Jadi bukan bisnis saja yang memerlukan modal, berkendarapun butuh modal. Untuk masalah berkendara sebenarnya aku ini adalah sosok yang penakut, namun takut tak takut haruslah berani, ini bukan berarti nekat loh! Bagiku Modal utama berkendara adalah hati-hati! Namun pastinya modal motor/mobil utama saja tidak cukup, haruslah didukung dengan modal tambahan. Hati-hati disini maksudnya adalah berkendaralah sesuai dengan keadaan dan kemampuan diri sendiri, seperti apakah itu? Berikut adalah opiniku terkait safety riding:


• Atur Kecepatan Sesuai Sikon

Kita sebagai pengendara pasti tau dong seberapa kemampuan kita dalam berkendara, jangan sampai membohongi diri sendiri hanya karena gengsi. Kalau nyatanya masih berstatus pengendara baru nan belum lihai ya tak usah berlagak bak pembalap handal. Kalau kita mampunya mengendalikan dalam kecepatan 60Km/Jam ya jangan dipacu hingga 90Km/Jam. Atau mungkin karena terpancing dengan pengendara lain yang mendahului jadi pengen mendahului balik, seolah-olah kejar-kejaran atau balapan, untuk itu kita perlu jaga emosi juga saat berkendara. Kalau misalnya kita mampu mengendalikan kendaraan dalam Kecepatan 100Km/jam ya jangan terus ugal-ugalan karena pengguna jalan bukan hanya kita sendiri tapi juga banyak kendaraan lainnya dengan kecepatan yang beragam, jadi sesuaikan kecepatan dengan kondisi pengendara lainya juga. Kalau aku sendiri dalam hal kecepatan lebih suka “pelan-pelan saja”, karena aku suka menikmati suasana jalanan dan kebanyakan ide-ide muncul saat aku berkendara dijalan.

• Tetap Jaga Konsentrasi

Konsentrasi tidak hanya dibutuhkan saat kita bekerja atau saat menempuh ujian/test saja tapi juga sangat penting ketika kita sedang berkendara. Seringkali sebuah kecelakaan itu terjadi karena sang pengemudi sedang tidak konsentrasi, mungkin karena memikirkan hutang-hutangnya, mikirin jemuran yang belum diangkat, kepikiran sang pacar atau mungkin asyik melamun, sambil sms-san/telphonan. Demi keselamatan anda dan juga orang lain sebisa mungkin tetaplah jaga konsentrasi, sadari bahwa anda sedang dijalan sedang mengendalikan sebuah mesin dimana ia berjalan dan berhenti sesuai kehendak anda. Kalau anda tidak konsentrasi, bisa jadi saatnya berhenti tapi anda justru melaju kencang tapi saatnya anda berjalan anda justru behenti, atau bisa jadi saat anda ingin mendahului kendaraan didepan anda tidak sadar ada kendaraan lain dari arah yang berlawanan melaju dengan kencangnya dan alhasil brukzzz-gubrAKzzz kecelakaanlah sudah. Kalau aku sendiri memang terkadang agak terpecah konsentrasinya karena pikiranku suka melayang saat melihat apa yang aku lihat terkait dengan kemunculan ide-ide, namun setidaknya aku tetap bisa mengembalikan kesadaranku bahwa aku sedang berkendara di jalan umum dan yang pasti aku tetap dalam kondisi “pelan-pelan saja”, sembari menikmatai suasana jalan seisinya.

• Jangan Tergesa-gesa

Ada petatah jawa mengatakan “Alon-alon Waton Kelakon” alias pelan-pelan asal terjadi/tercapai, ini adalah gambaran santai agar kita tak tergesa-gesa. Segala sesuatu yang tergesa-gesa itu pasti lebih ngos-ngosan dan tak ada enak-enaknya, dan kemungkinan hasilnya pun tidak baik. Tergesa-gesa dalam hal berkendara itu berarti identik dengan “TAKUT TERLAMBAT”, agar tidak termlabat hendaknya kita mengatur waktu agar jatuhnya lebih longgar. Misal jadwal masuk kerja atau sekolah/kuliah adalah pukul 07.30 WIB, setidaknya kita bisa berangkat lebih awal, sesuaikan dengan jarak tempuh, jangan disengaja berangkat mendekati jam tersebut alias mepet.

• Tetap Waspada

Bukan hanya kejahatan saja yang bisa terjadi dimana-mana, kecelakaanpun juga! Untuk itu kita perlu tetap waspada saat berkendara. Jalan adalah milik umum jadi siapa saja boleh berkendara, dengan demikian banyak orang berlalu-lalang melintas baik dari arah yang sama atau mungkin berlainan arah, sehingga kita perlu waspada, bisa jadi meski kita sudah hati-hati namun tetap saja mengalami kecelakan karena kesosor pengendara lain yang tidak hati-hati.

Diatas adalah modal utama terkait dengan kehati-hatian menurut aku sebagai salah satu blogger yang sering kali kesana kemari melintasi jejalanan, dan berikut adalah modal tambahan yang tak semestinya dilewatkan:

• Gunakan Perlengkapan Keselamatan Berkendara

Perlengkapan keselamatan untuk berkendara dengan motor antara lain adalah helm, heml sangatlah penting, Tanya kenapa??? Karena selain untuk melindungi kelapa anda dari hal-hal yang tidak diinginkan, helm juga sangat berperan untuk melindungi isi dompet anda dari rasia sang tilang. Untuk jarak jauh selain helm, hendaknya mengenakan jaket, sepatu, kaos tangan dan juga penutup hidung+mulut (bisa pakai masker atau sleyer), serta jangan lupa surat-surat lengkapnya (sim+stnk).

• Cek Kondisi Kendaraan
Sebelum berkendara, cek dulu kondosi kendaraan, mungkin mesinnya dipanasi terlebih dulu, bannya di cek kempes atau tidak, ada baut-baut yang kendor atau tidak, atau setidaknya kendaraannya dilap atau dibersihkan agar telihat lebih kinclong.

• Taati Peraturan Lalu Lintas
Orang gaul bilang Peraturan itu dibuat untuk dilanggar, tapi kalau masalah peraturan lalu lintas siapa yang berani melanggar bisa-bisa uang melayang atau bahkan nyawanya yang melayang. Jadi demi keselamatan uang dan nyawa anda, sebaiknya taati peraturan lalu lintas.

Demikianlah untaian kata mengenai Modal-modal untuk safety riding, yang bisa aku bagi sesuai dengan apa yang aku tau dan aku rasakan selaku blogger yang mengenal jejalanan, Go “Blogger for Safety Riding”!




salam hormat dariku,

wong_anTeng

G+

2 komentar:

  1. Siip Lanjutkan >>
    1. http://www.felixcakep.tk/2011/01/safety-riding-si-kuping-penyelamat.html
    2. http://www.felixcakep.tk/2010/12/safety-riding-keselamatan-berkendara.html

    Di tunggu comentnya..

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"