Media Iklan dan Macamnya

Blognya Mbak Widha kembali akan mengulas seputar dunia marketing yang sudah memasuki tema Media Iklan dan Macamnya. APASAJAKAH YANG TERMASUK MEDIA IKLAN DAN MACAMANYA? Media iklan merupakan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan iklan kepada khalayak. Media iklan juga termasuk sarana komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan suatu barang atau jasa kepada konsumen. Media iklan yang digunakan untuk penyampaian iklan sebagiknya dipilih sesuai dengan kebutuhan. Banyaknya media yang bisa dipilih saat ini menjadikan para pengiklan lebih leluasa dalam memilih alternatif yang paling efektif dan tepat sasaran. Media iklan bisa digolongkan menjadi dua yaitu sebagai berikut:


1. Media Above The Line

Media above the line merupakan media iklan yang dipasang ditempat yang terbuka seperti di pusat keramaian, di tempat-tempat umum atau di pinggir-pinggir jalan. Media iklan above the line meliputi:

a. Surat kabar atau koran
b. Majalah
c. Televisi
d. Radio
e. Media luar ruangan
f. dll

2. Media Bellow The Line

a. Pameran
b. Direct mail
c. Point of purchase

Pemasar menggunakan beragam jenis dari POPC, diantaranya berbagai jenis dari rambu-rambu (sign), mobil, plakat, unit checkout, banner, rak dagang, pembicara, lampu, plastik, poster tembok dan lain sebagainya .

Materi POPC oleh industri diklasifikasikan menjadi 3 kategori, yaitu :

1. POP permanen : display/pajangan atau tanda yang dipakai dalam jangka waktu 6 bulan atau lebih.

2. POP temporal/sementara : display/pajangan atau tanda yang digunakan dalam waktu kurang dari 6 bulan

3. Media dalam toko : periklanan (advertising), dan promosi penjualan (contoh : POP radio, iklan di toko, pembicara)

Pertumbuhan Dramatis dari POP
Perusahaan sekarang sedang giat meningkatkan investasinya dalam promosi perusahaan/produk yang mereka buat dengan menggunakan materi-materi POP. Pengeluaran/investasi untuk POP telah meningkat di Amerika Serikat dengan persentase 12%/tahun, pengeluaran rutin dalam toko sekarang mencapai 12 milyar dollar, perkembangan yang impresif ini didasarkan fakta bahwa materi/bahan POP sangat efektif dalam proses pemasaran.

Untuk pembuat/perancang, POP menjaga nama dan label perusahaannya POP memberikan kesan yang bagus untuk penawaran khusus pada promosi penjualan dan membantu memberi rangsangan pada penjualan .

POP membantu pengecer dengan menarik perhatian konsumen, meningkatkan minat belanja pada konsumen dan keinginan untuk menghabiskan waktu di dalam toko yang tentu saja akan menigkatkan volume penjualan dan meningkatkan laba bagi penjual. POP membantu membantu pengecer toko dengan mengefektifkan ruangan yang minimal menjadi keuntungan yang maksimal dengan cara menampilkan beragam produk dalam suatu rak yang cantik baik bentuk ataupun dekorasinya .

POP membantu konsumen melalui pemberian informasi yang berguna dan sederhana dalam proses penjualan dengan stratateginya menyusun satu merk tertentu terpisah dari merk lain yang sejenis .

Dalam kaitannya untuk memberikan manfaat dalam partisipasinya dalam proses pemasaran, POP mempunyai peran penting yang lainnya yatu pop merupakan puncak dari program komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication program).POP bila digunakan tanpa adanya integrasi dari program pemasaran yang lain mungkin akan kurang efektif dan terbatas, lain halnya bila digunakan digunakan dengan bauran pemasaran yang lain seperti periklanan dan promosi penjualan,Pop dapat menciptakan efek yang sinergis~~ini terbukti dengan melakukan riset~~menunjukkan bahwa dengan menggunakan POP pesan dari produk yang diiklankan sudah lama menguat kembali, peningkatan dalam volume penjualan rata-rata meningkat 100% dibanding menggunakan iklan saja .

Fungsi Umum Dari Materi-Materi P-O-P

• MENGINFORMASIKAN
Menginformasikan konsumen adalah fungsi dasar dari komunikasi Sinyal, poster, display, dan materi POP yang lain menunjukkan kepada konsumen tentang item yang spesifik dan memberikan informasi yang sangat berguna.

Display yang bergerak sangat cocok untuk dan efektif untuk fungsi ini, display bergerak meskipun lebih mahal daripada display yang diam/statis tapi dapat mewakili suara pengiklan karena bisa meningkatkan atensi pengunjung toko ke tingkat yang lebih tinggi.

Berdasarkan dari hasil riset yang telah dilaksanakan, display bergerak memberikan hasil yang lebih yaitu merk produk lebih tertanam dibenak konsumen

• MENGINGATKAN
Fungsi kedua dari POP adalah mengingatkan konsumen tentang merk produk yang telah mereka lihat dan baca melalui berbagai media yang tersedia, pengingatan ini dilakukan melalui pajangan iklan yang ada ditempat dimana pengunjung akan masuk kedalam toko .

• MENDORONG
Mendorong konsumen untuk membeli suatu merk produk adalah fungsi ketiga dari POPC. materi POP yang efektif mempengaruhi pilihan produk dan merk akan memberikan rangsangan untuk membeli .

• TEMPAT BERDAGANG
Peran dari tempat berdagang dapat dilihat pusatinformasi display yang dikembangkan oleh Clairol yang memperdagangkan produk pewarna rambut wanita dan untuk menjawab pertanyaan pelanggan, pertanyaan seputar produk tersebut .
Informasi ini ditampilkan dengan tulisan yang besar dan berwarna dibawah tulisan produk Clairol serta di display dala satu frame. pusat informasi membuat pemilihan produk mudah; warna dan pengkodean merk dipisah-pisahkan berdasarkan kategori-kategori sehingga terpisah dari produk lain .

d. kalender
e. dll

Sekiranya sekian cukup ulasan terkait dengan tema Media Iklan dan Macamnya, sambung lagi ditema lainya tetap bersama Blognya Mbak Widha. Jika butuh promosi diinternet bisa dengan Jasa Review Murah di BMW, Promosinya Sederhana Namun Jelas!


salam hormat dariku,

widhawati

G+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"