Mengubah HURUF dan WARNA template klasik

Sebelumnya 'Blognya Mbak Widha'sudah mengulas cara memasang templet klasik ke blogger baru dan cara membuat readmore pada templet klasik dan kini aku kembli bikin sesuatu yang berbau-bau klasik,yaitu Cara mengubah Huruf dan WARNA pada templet klasik. Ini adalah kenangan jaman dulu kala utak-utik template blog klasik di blogku yang sudah tak terupadate lagi yaitu http://khursusbisnis.blogspot.com. Dulu aku mencoba merubah warna dari template klasik dan ternyata berhasil sehingga warnanya dah tidak sealami yang aslinya. Jika teman-teman menggunakan template klasik maka menu untuk mengatur huruf dan warna kagak ada, tidak seperti di blogger baru yang menyediakan menu untuk mengatur huruf dan warna. Terus bagaimana cara Mengubah Huruf dan Warna Template Klasik? Jika teman-teman ingin mengubahnya maka kunci untuk mengubah warna dan huruf adalah terletak pada kode CSS di kode HTML. Kode CSS terletak dibagian tengah, dimana di bagian itu terdapat kode warna dan huruf tampilan blog teman. Berikut adalah contoh potongan kode CSS pada HTML blogku:

<style type="text/css">
body {
margin: 0;
padding: 0;
min-width: 760px;
font-family: Geneva, Arial, Helvetica, sans-serif;
color: #0411FF;
background-color: #000000;
background-attachment: fixed;
background-image: url(http://img54.imageshack.us/img54/7580/backgroundcf4.jpg);
background-repeat: repeat-y;
background-position: center top;
}

td {
font-size: 12px;
}
.tanggalpost {
font-size: 11px;
font-weight: bold;
text-align: right;
background-color: #8C8C8C;

letter-spacing: 1px;
}
.judulpost {
font-size: 18px;
font-weight: bold;
color: #ffffff;
text-align: left;
background-color: #A8A8A8;
font-family: Georgia, "Times New Roman", Times, serif;
}
.isipost {
text-align: justify;
padding: 2px;
border: 4px solid #ff0000;

Untuk warna template teman-teman bisa mengubah kode heksa color/warnanya, misalanya background-color: #000000; itu berarti warna backgroundnya hitam jika ingin mengubahnya menjadi merah maka ganti saja kode heksanya dari #000000 menjadi #ff00000. Untuk hurufnya tinggal ganti saja jenis/tipe font/huruf misalanya pada CSS font-family: Geneva, Arial, Helvetica, sans-serif; anda bisa menganti hurufnya menjadi Arial,impact,times roman dllnya .

Gimana? Mudah kan, sebagai sebagai awam yang tidak tau menaung masalah CSSpun bisa so pasti teman-teman juga bisa toh. Apapun jika mau belajar bisa jadi mudah. Selamat utak-utik font dan color di template klasik, semoga bisa berubah sesuai keinginan teman-teman,sambung lagi dilain postingan.

salam hormat dariku,

widhawati

Mengubah HURUF dan WARNA template klasik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"