Penerimaan Calon Taruna Akmil Kodam III Siliwangi TA. 2011

PENGUMUMAN
Nomor: Peng / O3 I I I/2011
tentang

1. Berdasarkan Surat Telegram Kasad Nomor STI/157/2010 tanggal 27 Januari 2011 tentang Penerimaan Taruna Akmil TA. 2011.
2. Sehubungan pasal 1 tersebut di atas, diumumkan bahwa Komando Daerah Militer Ill/Siliwangi memberikan kesempatan kepada para pemuda yang berada di wilayah Jawa Barat dan Banten untuk mendaftarkan diri menjadi calon Taruna Akmil TA. 2011 dengan persyaratan sebagai berikut:

2.
* Warga Negara Indonesia, Pria, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan DUD 1945 serta bukan Prajurit TNI, anggota Polri dan PNS.
* Umur pada saat masuk pendidikan tanggal 1 Agustus 2011 tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun.
* Berkelakuan baik disertai dengan SKCK dari Kapolres setempat dan tidak sedang kehilangan hak menjadi Prajurit TNI berdasarkan Putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
* Berbadan sehat ( Jasmani & Rohani).
* Lulus SMA/SMU/Madrasah Aliyah, Jurusan/Program IPA dengan persyaratan DANEM atau Nilai Ujian Akhir Nasional: 1) Luiusan tahun 2008 s.d. 2010. Lulus Ujian Nasional dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 6,5 (dari 10 mata pelajaran). 2) Bagi calon yang mempunyai visus mata 3/4 s.d. -1 untuk lulusan tahun 2008 s.d. 2010 dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 7,5. 3) Luiusan tahun 2011 akan ditentukan kemudian.
* Belum pernah nikah dan sanggup tidak nikah selama dalam Pendidikan.
* Tinggi badan tidak kurang dari 167 Cm.
* Sanggup melaksanakan Ikatan Dinas Pertama selama 10 tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI dan bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Republik Indonesia.
* Harus ada persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 tahun.
* Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian yang meliputi : 1) Administrasi. 2) Kesehatan Badan dan Jiwa. 3) Jasmani ( postur lahiriah dan kemampuan ). 4) Test Wawancara. 5) Psikologi. 6) Akademik.
* Persyaratan lain. 1) Calon tidak bertato atau bekas tato 2) Calon tidak ditindik / bekas tindik pada telinga atau anggota badan lainnya.
3. Pendaftaran.
* Waktu. Pendaftaran dibuka tanggal 1 Februari s.d. 31 Maret 2011.
* Cara Pendaftaran. Calon datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan menyerahkan persyaratan administrasi antara lain : 1) Foto copy masing-masing 2 (dua) lembar dari : a) Kartu Kewarganegaraan (bagi keturunan WNA). b) Akte Kelahiran / Surat Kenal Lahir. c) KTP calon dan KTP orang tua/wali. d) Kartu Keluarga (KK). e) STTB SD, SMP, SMA/SMU berikut Danem atau Nilai Ujian Akhir Nasional. Bagi mereka yang masih duduk di kelas III SMA agar melampirkan raport kelas I s.d.III Semester I serta membawa surat keterangan dari Kepala Sekolah bahwa calon adalah siswa kelas III yang terdaftar sebagai peserta Ebtanas. Persyaratan administrasi asli dapat diserahkan pada saat test awal (Minggu I April 2011). 2) Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4x6 Cm sebanyak 10 buah.
* Tempat; 1) Maajendam Ill/Slw Jl. Boscha No. 4 Bandung. 2) Makorem 061/Sk JI.Merdeka No. 120 Bogor. 3) Makorem 062/Tn Jt.Bratayudha No.65 Garut. 4) Makorem 063/Sgj JI.Brigjen Darsono No. 1 Cirebon. 5) Makorem 064/My JI.Maulana Yusuf No. 9 Serang.
* Bagi calon yang tinggal di daerah perbatasan Sub Panda dapat mendaftar ke tempat yang terdekat.
* Tidak menerima calon yang hanya melakukan ujian perbaikan Danem atau Nilai Ujian Akhir Nasional, tanpa mengikuti sekolah sesuai ketentuan dari Depdiknas.
4. Ujian/Pemeriksaan.
* Para calon yang memenuhi persyaratan awal dan terdaftar akan mengikuti ujian/pemeriksaan tingkat daerah di Sub Panda dan Panda serta harus menyiapkan dan membawa : 1) Surat panggilan/pendaftaran. 2) Bahan persyaratan Administrasi dilegalisir pejabat yang berwenang (rangkap 4). 3) Surat keterangan catatan kepolisian dari Kapolres setempat yang berlaku sampai dengan bulan Agustus 2011 (rangkap 4). 4) Stopmap sebanyak 4 (empat) buah (untuk sampul berkas persyaratan ybs). 5) Pas foto terbaru hitam putih ukuran 4x6 Cm sebanyak 10 buah.
* Melengkapi/mengisi blanko administrasi yang disediakan di Panda/Sub Panda,
* Ujian/pemeriksaan dilaksanakan dalam 3 (tiga) tingkat: 1) Ujian/pemeriksaan tingkat Sub Panda/Korem. Dilaksanakan di masing-masing Sub Panda/Korem yang telah ditentukan mulai Minggu I April s.d. Ill Mei 2011. 2) Ujian/pemeriksaan tingkat Panda/Kodam. Dilaksanakan di masing-masing Panda/Kodam pada Minggu IV Juni 2011. 3) Ujian/pemeriksaan tingkat Panpus TNI AD di Pusdikajen Lembang Bandung. Dilaksanakan pada Minggu II s.d. IV Juli 2011.
5. Pendidikan Pertama.
* Calon yang dinyatakan lulus dan terpilih menjadi calon Taruna Akmil akan langsung mengikuti pendidikan dasar keprajuritan (Latihan Chandradimuka) selama 3 bulan 2 minggu di Akmil Magelang dengan status calon Prajurit Taruna (Capratar). Pembukaan pendidikan tanggal 2 Agustus 2011.
* Selanjutnya mengikuti pendidikan dasar golongan di Akmil Magelang,
6. Pengangkatan Pertama. Setelah lulus dari pendidikan pertama di Akmil Magelang akan diangkat menjadi Perwira dengan pangkat Letnan Dua.
7. Prospek Pengembangan Lanjutan. Selain mengikuti pendidikan jenjang atau karier di lingkungan TNI, mulai pangkat Kapten diberi kesempatan untuk mengikuti program S-2 atau S-3 di luarnegeri.
8. Lain-lain.
* Selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pengujian/pemeriksaan, terhadap para Catar Akmil tidak dipungut biaya apapun.
* Formulir pendaftaran dan lainnya disediakan di Panda/Sub Panda setempat

Informasi lengkap, silahkan klik
www.kodam-slw.mil.id/

salam hormat dariku,

widhawati

Comments

  1. Mbak Widha...jadwal seleksi taruna akmil terbaru di share donk, trim ya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"

Baca Juga

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Tugas Account Executive/AE

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Siswa SD Joget Seronok, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

Belajar Menggunakan Google Plus/Google+