Daya Tarik Kesalahan dalam Iklan

Sebelumnya Blognya Mbak Widha sudah mengulas mengenai Daya Tarik Humor dalam strategi daya tarik iklan, kini melanjutkan daya tarik berikutnya yaitu Daya Tarik Kesalahan dalam Iklan. Rasa takut kesalahan merupakan daya tarik negative namun bisa diterapkan dalam iklan. Orang merasa salah ketika melanggar peraturan, menyimpang dengan nilai standar atau kepercayaan, atau tidak bertanggungjawab. Pengiklan yang menggunakan daya tarik kesalahan ini berusaha membujuk calon konsumen dengan menerapkan perasaan bersalah bila tidak menggunakan produk yang diiklankan. Contohnya adalah suatu Iklan produk minuman yang mungkin dulu anda pernah melihatnya, anda perlu mengingat sedikit karena aku ambil contoh iklan yang lumayan jadul. Iklan produk minuman itu menggunakan daya tarik kesalahan karena Kalau minum minuman lain dapat membuat BREKELE, tetapi jika minum produk minuman F Gak Bikin BREKELE Iklan buatan Matari Advertising tersebut ditunjukkan pada Gambar dibawah ini.



Mungkin ada iklan yang menawarkan bahwa 'bila menggunakan produknya tidak bikin ketagihan', 'yang lebih mahal banyak', 'atasi penuaan dini dengan ....' dll itu merupakan daya tarik kesalahan dimana seseorang bisa merasa bersalah/ketakutan bila tidak menggunakan produk yang ditawarkan, bersalah/ketakutan dalam hal ini bukan ketakutan yang horor atau paranoid cuma ya menimbulkan perasaan gimana gitu sehingga orang cenderung memilih produk yang ditawarkan.

Aku kira sekian cukup terkait Daya Tarik Kesalahan dalam Iklan, sambung lagi ke daya tarik iklan lainya di postingan esok hari dan bila butuh promosi via Internet silakan menggunakan Jasa review murah di BMW, Promosinya Sederhana Tapi Jelas!


salam hormat dariku,

widhawati

Comments