Politik Itu Dunia Perang

Masuk kedunia politik itu berarti terjun ke medan perang. Bagaimana tidak?Toh didalamnya terselubung beraneka macam perang. Mulai dari perang dingin hingga perang panas. Entah itu perang argumen, perang mulut, perang batin, perang koalisi, perang kekuasaan dan perang-perang yang lainya yang tidak atau belum terlihat.

Mereka datang dengan segenap janji untuk membawa perubahan demi kemajuan bangsa. Tapi lihat saja, yang ada hanyalah perdebatan sengit yang tak ada titik terangnya dan kemudian padam dengan sendirinya tanpa penyelesaian yang jelas. Yang pasti jelas hanyalah munculnya perdebatan-perdebatan baru lainya yang seolah sudah disetting sedemikian rupa untuk mengisi hari-hari mereka dan seolah memang itulah pekerjaan mereka, Berdebat dan berdebat.

Seseorang yang sudah terjun ke dunia politik dengan sendirinya akan menjadi idialis bagi dirinya dan partainya, sehingga yang lain dipandang sebagai musuh. Saling mengkritik saling menjatuhkan adalah menu keseharian.

Mereka sadar akan adanya perbedaan. Secara simbolik perbedaan itu memang indah bak pelangi, namun perbedaan dalam dunia politik yang nampak terpublikasi bukanlah keindahan bak pelangi tapi keparahan bak keladi.

Ide yang berbeda janganlah sekedar diadu untuk mencari siapa yang menang dan siapa yang kalah. Ide yang tidak sama itu tidak harus disamakan melainkan dimanfaatkan untuk saling mengisi dan melengkapi.


"Tunjukan Bahwa Politik itu Damai"

salam hormat dariku,
widhawati

Comments

Baca Juga

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Tugas Account Executive/AE

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Siswa SD Joget Seronok, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

Belajar Menggunakan Google Plus/Google+