Indonesia Termasuk Rawan Gempa

Terkait dengan Gempa yang terasa lumayan keceng dini hari 4 April 2011 ternyata pusat gempanya di Cilacap, aku kira seperti biasa di Bantul karena biasanya kalo ada gempa yang terasa di Klaten atau Jogja pasti pusat gempanya didaerah bantul. Kekuatan gempa Cilacap 7,1 Sr dan sempat baca distatus BMKG menuliskan peringatan peluang terjadinya tsunami tapi setelah beberapa saat dicabut. Lihat berita di TV katanya Indonesia Termasuk Rawan Gempa, dari gambar yang aku lihat ditayangan TV itu seolah ada garis perjalanan gempa dimana Indonesia termasuk salah satu yang dilewati. Dari Jepang belok ke Philipina melewati Jogja dan kemudian mengarah ke timur seolah mengelilingi Indonesia.

Bagaimana sebaiknya bila terjadi gempa? baiknya tetap tenang jangan panik, kebanyakan orang Indonesia kalo terjadi gempa langsung panik, teriak-teriak, lari, ambil motor, seolah ingin pergi sejauh-jauhnya. Padahal kepanikan itu sebenarnya justru bisa membahayakan diri, misalnya gempa cilacap terjadi dini hari dimana kebanyakan orang masih lelap tidur, orang-orang yang merasakan gempa itu pasti kaget terus lari padahal nyawanya belum ngumpul, bisa-bisa waktu lari malah kejedot pintu.

Tenang itu bukan berarti nyantai dan tidak menyelamatkan diri, tenang disini maksudnya tetap menjaga konsentrasi agar tetap sadar sehingga bisa berfikir jernih kemudian bersembunyi dikolong meja kek, menghindari kaca, menjahui lemari yang gampang roboh dan mencari tempat aman. Orang yang tenang biasanya lebih mudah menemukan tempat yang aman untuk berlindung ketimbang orang yang panik dan teriak-teriak gak karuan.

salam hormat dariku,

widhawati

Comments

Baca Juga

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Mata Uang Termahal Di Dunia

Simple Tapi Tetep Produktif & Kreatif Dengan Yang Ringan Nan Tahan Lama Seperti ASUS Eeebook E202!

Tugas Account Executive/AE

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)