Arti Simbol-Simbol di Twitter


Bermain twitter adalah bermain simbol, Simbol itu antara lain @ , #, Dan RT. Lalu apa Arti Simbol-Simbol di Twitter tersebut? 1. @ diikuti username / @username Misal kamu ketik status spt ini:
"alow @mbak_widha apa kabar?"

maka aku sebagai pemilik akun dengan username @mbak_widha akan menerima pesan tersebut. Dalam praktek yang lebih luas, status tersebut sering disebut orang sebagai mention. Dan mention2 yang ada untuk kamu, bisa di lihat di sidebar kanan kamu dengan meng-klik @usernamekamu diatas option Direct Messages. Dan kamu bisa membalas mention mereka dengan me-reply mention tsb.


2. RT = Reply Tweet (menjawab tweet) / ReTweet (mengulang tweet)

Untuk RT sebagai Reply Tweet biasanya dapat digunakan melalui layanan Uber Twitter, Pojok Kamar dll (fasilitas tweet untuk mobile/BB) bisa juga via web kalau kamu pake browser Google Chrome dengan mendownload ekstensi twitter. Contoh dari Reply Tweet saya atas tweet kamu contoh diatas adalah sebagai berikut:
Hei juga! Kabar baik! RT @usernamekamu : alaw @mbak_widha apa kabar?

Untuk RT sebagai ReTweet/mengulang tweet kamu bisa menggunakan 2 cara sbb:

1. Klik tombol RT yang disediakan maka kamu akan menerima pertanyaan dari menu pop up sbb:

Retweet to your followers? klik Yes untuk membagikannya pada followers kamu. RT disini kamu tidak bisa mengubah isi tweet yang kamu RT. Atau kamu bisa klik tanda X (close) untuk membatalkan RT.

2. ReTweet/mengulang dengan mengetik RT diikuti @username kemudian tweet.

Biasanya RT yang digunakan adalah untuk tweet2 yang bagus, bermanfaat atau kamu sukai. Misal saya memposting sebuah status sbb:

Hal terberat yang kita lakukan adalah melihat orang yang kita cintai mencintai orang lain.

Kemudian kamu tertarik dan ingin membagikannya pada orang lain. Kamu bisa klik RT langsung atau mengetikkannya sbb:

RT @mbak_widha : simak terus Blognya Mbak Widha di www.beritawonganteng.blogspot.com.

biasanya para tweeps (pengguna twitter) lebih senang jika tweetsnya di RT dengan cara yang ke 2.

3. Tanda # (pagar) biasa di sebut dengan tanda Hastag misalnya:

#NP atau #lelet atau #bete #gajian #Blognya Mbak Widha

Inilah keistimewaan twitter, bisa mengumpulkan seluruh postingan yang membahas tentang hal-hal yang di beri tanda hastag. Misal saya membuat postingan status sbb:

Senangnya, hari ini saya #kencan.

Jika kamu klik #kencan kamu akan di link-kan menuju seluruh postingan yang menggunakan hastag #kencan. Tapi ingat! postingan-postingan yang ditampilkan hanya postingan2 yang berasal dari akun yang terbuka. (tidak diprivasi/digembok). Tidak semua hal/pembicaraan bisa di beri hastag, biasanya pada hal-hal yang terkenal atau sedang banyak dibicarakan orang.


salam hormat dariku,

widhawati

Arti Simbol-Simbol di Twitter Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

11 komentar:

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"