Bikin Postingan yang Original

Postingan ini adalah lanjutan dari to be continue yang kemarin: Rutin Posting Agar Banyak Pengunjung!. Original yang dimaksud disini adalah bikinan sendiri alias bukan kopi paste. Tak jarang blog yang beredar didunia maya isinya Cuma kopi paste sehingga sulit untuk membedakan mana pembuat aslinya. Kopi paste memang mudah karena hanya modal klik kanan saja sudah bisa bikin postingan, tapi kalau bisanya Cuma kopi paste saja sama aja bohong, ibarat anak sekolah yang baru ujian ia hanya modal nyontek gak pakek belajar.

Lagi pula hati akan lebih puas bila yang diposting adalah hasil karya sendiri, dimana rangkaian kata itu disusun dengan gaya sendiri. Pengunjungpun juga akan lebih puas bila mengunjungi blog yang isinya adalah karya sendiri sang pemilik blog bukan hasil kopi paste blog orang lain. Search engine pun sebenarnya juga tidak menyukai blog-blog yang isinya hanya kopi paste.

Lebih baik memang sobat blogger bikin isi blog sendiri saja karena apapun bentuknya itu lebih berharga ketimbang hasil dari plagiat atau kopi paste. Kalau terpaksa tidak punya ide, sobat blogger bisa baca buku atau tulisan orang lain kemudian menulisnya kembali dengan gaya dan kata sendiri. Kalau misal ingin kopi paste baiknya minta ijin dulu kepada yang punya kemudian bila diijinkan tinggal kopi paste dan cantumkan penulis aslinya. Etika kopi paste adalah mencantumkan nama/link aslinya. Memang kadang ada blog yang sudah terang-terangan menyatakan artikelnya boleh dikopi paste tapi ada juga blog yang tidak memperbolehkan tulisannya dikopi paste.

Potingan adalah salah satu bentuk ekpresi blogger dalam bentuk digital, dimana itu sebenarnya merupakan sebuah karya yang harus dihargai. Kopi paste bisa diartikan sebagai tindak pencurian, jika sobat blogger tidak ingin dikatai sebagai pencuri baiknya bikin postingan yang original. Mari kita menghargai karya dengan tidak asal kopi paste meski itu hanya dalam bentuk artikel blog yang tidak dinaungi hak cipta.

salam hormat dariku,

widhawati

Related Posts

Bikin Postingan yang Original
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"