Bikin Postingan yang Original

Postingan ini adalah lanjutan dari to be continue yang kemarin: Rutin Posting Agar Banyak Pengunjung!. Original yang dimaksud disini adalah bikinan sendiri alias bukan kopi paste. Tak jarang blog yang beredar didunia maya isinya Cuma kopi paste sehingga sulit untuk membedakan mana pembuat aslinya. Kopi paste memang mudah karena hanya modal klik kanan saja sudah bisa bikin postingan, tapi kalau bisanya Cuma kopi paste saja sama aja bohong, ibarat anak sekolah yang baru ujian ia hanya modal nyontek gak pakek belajar.

Lagi pula hati akan lebih puas bila yang diposting adalah hasil karya sendiri, dimana rangkaian kata itu disusun dengan gaya sendiri. Pengunjungpun juga akan lebih puas bila mengunjungi blog yang isinya adalah karya sendiri sang pemilik blog bukan hasil kopi paste blog orang lain. Search engine pun sebenarnya juga tidak menyukai blog-blog yang isinya hanya kopi paste.

Lebih baik memang sobat blogger bikin isi blog sendiri saja karena apapun bentuknya itu lebih berharga ketimbang hasil dari plagiat atau kopi paste. Kalau terpaksa tidak punya ide, sobat blogger bisa baca buku atau tulisan orang lain kemudian menulisnya kembali dengan gaya dan kata sendiri. Kalau misal ingin kopi paste baiknya minta ijin dulu kepada yang punya kemudian bila diijinkan tinggal kopi paste dan cantumkan penulis aslinya. Etika kopi paste adalah mencantumkan nama/link aslinya. Memang kadang ada blog yang sudah terang-terangan menyatakan artikelnya boleh dikopi paste tapi ada juga blog yang tidak memperbolehkan tulisannya dikopi paste.

Potingan adalah salah satu bentuk ekpresi blogger dalam bentuk digital, dimana itu sebenarnya merupakan sebuah karya yang harus dihargai. Kopi paste bisa diartikan sebagai tindak pencurian, jika sobat blogger tidak ingin dikatai sebagai pencuri baiknya bikin postingan yang original. Mari kita menghargai karya dengan tidak asal kopi paste meski itu hanya dalam bentuk artikel blog yang tidak dinaungi hak cipta.

salam hormat dariku,

widhawati

Rutin Posting Agar Banyak Pengunjung

Selain SEO-BLOG yang sederhana seperti yang pernah Blognya Mbak Widha (BMW) tayangkan, sebagai amatiran kita juga butuh taktik lainnya yang juga sederhana untuk membuat blog lebih terkunjungi, apa itu? yakni Rutin Posting Agar Banyak Pengunjung! ibarat makanan isi blog yang terdiri dari atas sejumlah postingan itu adalah rasanya, jadi postingan itu sangatlah penting. Blog tanpa postingan sama aja bohong, karena tidak ada sesuatu yang ditunjukan atau dibagi kepada para pengunjung. Dengan postingan-postingan itulah blog sobat blogger mampu mendapatkan kesempatan dikunjungi orang, tentunya postingan-postingan yang dimuat haruslah sesuai dengan topic atau tema yang telah diambil.

Semakin banyak postingan yang sesuai dengan tema dan juga kata kunci kemungkinan dikunjungi semakin besar, itulah mengapa sobat blogger perlu rutin posting. Ibarat anak sekolah, barang siapa yang rajin masuk gak pernah alfa alias bolos tentu mereka akan menjadi siswa yang teladan dan disayang oleh guru. Bila sobat blogger rajin posting tentu akan disayang pengunjung karena mereka senantiasa mendapatkan hal-hal baru dari blog sobat blogger. Dan yang paling menguntungkan lagi bila blog sobat blogger menjadi kesayangan di search engine yang mampu membuat blog sobat blogger selalu ramai pengunjung.

Secara logika wajar bila pengunjung itu menyukai blog-blog yang senantiasa diperbaharui sehingga mereka tidak hanya mendapatkan postingan yang itu-itu aja tapi juga yang lain dimana selalu baru dari waktu kewaktu, bahkan para pengunjung akan tertarik untuk bolak-balik mengunjungi blog sobat blogger alias menjadi pengunjung setia. Kalau search engine adalah sebuah mesin pencari, dan tentunya blog yang sering diperbaharui postinganya akan lebih gampang terindek oleh mesin pencari bahkan bisa jadi mendapatkan rating 10 besar atau barisan pertama.

Maka dari itu sobat blogger perlu rajin posting, rajin disini bukan banyaknya yang diposting setiap harinya melainkan rutinitas posting setiap harinya alias tidak bolong-bolong, misalnya tiap hari satu sampai dua postingan. Meski satu hari Cuma satu atau dua tapi lama-lama juga akan banyak dan dengan rutin posting itu pula menunjukan bahwa blog sobat blogger itu terawat. Ya, begitulah sedikit taktik dari seorang amatiran seperti aku, masih ada taktik yang lainya ala BMW di next post.

salam hormat dariku,

widhawati

Biarkan Mengalir Seperti Air

Rupa-rupanya banyak yang mengira kalau aku dapat banyak duit dari ngeblog, padahal sekarang aku hanya menikmati aktifitas ngeblogku sebagai sebuah kesenangan atau hiburan belaka. Dulu memang pertama belajar blog 2009 aku pengen ngeblog itu untuk cari duit alias money oriented tapi lambat laun keinginan itu berubah menjadi sebuah kesenangan. Untuk blog ini memang terlihat banyak iklan namun tidak menghasilkan kok, aku tak paham tentang menetize blog jadi ya pasang asal pasang aja biarkan klik terjadi dengan sendirinya tanpa aku minta atau menjebak pengunjung. Aku juga ikut gabung diprogram review tapi ya biarkan advertiser yang minta dengan sendirinya, kalau sekarang ini yang heboh adalah IBN. Kenapa heboh? karena bayarannya lebih mahal ketimbang yang lainnya.

Beberpa minggu yang lalu aku diprov di IBN namun agaknya belum menghasilkan juga, konon review di IBN bayarannya bukan hanya puluhan ribu tapi ratusan ribu, ada juga program yang via twitter sehingga mendorong member untuk mencari follower banyak, konon kalau lebih 500 follower bisa dapat job dari IBN. Banyak teman-teman yang tergerak untuk saling follow, bahkan ikut program yang get follower instan. Tapi aku kurang tertarik, dan dari dulu follower twitterku per hari ini @mbak_widha cuma 20 0rang itu juga kalau masih genap, bisa aja berkurang. Untuk semua yang berkaitan dengan akunku entah twitter atau blog aku Biarkan Mengalir Seperti Air dengan kata lain biarkan mereka follow atas kehendak mereka sendiri bukan aku yang minta.

Lalu apa aku gak doyan duit? kan itu tawaran yang menggiurkan? hari gini siapa sih yang gak mau duit, aku juga manusia normal tapi ya itu tadi Biarkan Mengalir Seperti Air, biarkan duit datang dengan sendirinya. Loh, bukannya duit itu harus dicari? iya memang, tapi untuk saat ini aku hanya ingin bisa rajin posting itu dulu aja.

salam hormat dariku,

widhawati