Apa Kamu Suka Kopas (Kopi Paste)?

Beberapa hari yang lalu aku bikin postingan soal kopas diblogdetik-ku, gaya ovj-ovj-an ala Andrew Taulani mode on: Kamu Suka KoPas ya? (iya, Kok tau), Karena Kau Telah Mempostingkan Tulisanku!. Kopas yang aku maksud adalah dalam kontek blogging, yakni menjiplak tulisan blogger lain tanpa edit 1 huruf pun alias sama persis dan tanpa menuliskan sumber. Dari ungkapan "Kamu Suka KoPas ya? (iya, Kok tau), Karena Kau Telah Mempostingkan Tulisanku!", aku mengira-ngira jawabannya adalah: 1.”sori ya, gue anti kopas, gue bisa mikir dan nulis sendiri, amit-amit deh kopas!.

2.”iya cuma dikit-dikit aja kok kopasnya”.

3. Sebenarnya sih gak suka, cuma berhubung newbie terus bingung mau nulis apa jadinya ya kopas aja gitu”.

4. “ya, suka bangetlah, enakkan kopas gak susah-susah mikir tapi blog tetep update.

Terkait jawaban yang aku kira-kira itu aku juga menuliskan pendapatku tentang jawaban tersebut:

*Untuk jawaban tipe 1: okelah kalau begitu, gue salut sama eloh gitu loh.

*Untuk tipe jawaban kedua: aduh tanggung banget sih, kenapa cuma dikit-dikit aja kopasnya? kenapa enggak semua sama sekali aja sekalian, biar murni.

*Untuk tipe 3: Hai, kalau sedari dini sudah kopas, bagaimana nasib cita-cita ngeblog engkau kedepannya? meskipun kau newbie berangkatlah dari karyamu sendiri.

*Untuk jawaban tipe keempat: wowww, enaknya!!!!!Bukankah blogger yang baik itu tidak suka kopi paste? (sebenarnya aku gak percaya kalau ada yang secara lantang terang-terangan jawab sedemikian rupa seperti jawaban ke4 itu, karena kopas itu ibarat maling mana ada yang mau ngaku, kecuali kopas yang baik dengan meminta ijin dulu serta menambahkan sumber)

Jadi Apa Kamu Suka Kopas (Kopi Paste)?

salam hormat dariku,

widhawati

Jingle produk roti lokal: Nazarudiin Di Indoneisa?

Seperti yang kita tau bahwa pada tanggal 19 Juli 2011 sebuah station televisi berkomunikasi langsung dengan Nazaruddin via telephon, saat itu Nazaruddin tidak mengaku ia berada dimana, ia hanya bilang bahwa ia 'berada disuatu tempat yang jauh dari rekayasa kebohongan dan polotik', siang ini aku ol twitter @mbak_widha ada tweet dari tvonenews hastag kilaskabar menuliskan "Jingle produk roti lokal terekam dalam wawancara live Nazaruddin di stasiun TV swasta pada Selasa 19 Juli kemarin". Jingle produk roti lokal: Nazarudiin Di Indoneisa? ya kalau memang suara rekaman itu benar adanya mungkin Nazaruddin selama ini bersembunyi di Indonesia-indonesia saja. Atau mungkin dia lagi diluar negeri tapi disana itu ada orang Indonesia jualan roti? (kayaknya gak mungkin deh). Seperti teka-teki atau petak umpet aja nih, bahkan kemarin kan ada info kalau ada yang berhasil bujuk Nazaruddin pulang bakal dikasih uang 100 juta.

Kira-kira jinggle roti apa sih? kalau yang sering aku dengar di Jogja sih, "Roti Sari, Sari-sari Roti" atau kalau enggak "bakpau mega jaya enak rasanya, halal loh". Andaikan IT Indonesia kayak difilm-film itu, dimana via telp saja bisa dengan cepat mengetaui posisi keberadaan seseorang pastinya si Nazaruddin langsung ketangkap, betul tidak. Tapi beginilah Indonesia, hidupnya bukan hidup dinegeri film, jadi kalau ada yang kabur atau sembunyi pusing nyarinya.

salam hormat dariku,

widhawati

Blogspot sama Wordpress Enakan Mana?

Buat teman-teman pemula yang masih bingung dan menimang-nimang antara Blogspot sama Wordpress Enakan Mana? masalah enak gak enak itu relatif, tapi mungkin ada satu alasan yang mungkin bisa mempengaruhi enak gak enaknya yakni soal tujuan ngeblog. Bila memang ngeblog dilandasi keinginan untuk menghasilkan uang dari script-script iklan ya tentu lebih enakan pakai blogspot karena blogspot mengijinkan penggunanya untuk memasang script iklan, tidak seperti wordpress dan juga multiplay yang tidak mengijinkan penggunanya memasang script. Bahkan wordpress itu konon juga tidak memperbolehkan pengguna untuk mengikuti acara kontes SEO. Jadi kalau memang teman-teman ngeblog pengen berpenghasilan dari iklan, ya menurutku enakan pakai blogspot. Yang perlu diketahui adalah jika teman-teman benar-benar pemula, untuk mencari duit via iklan diblog itu tidaklah gampang. Contohnya aku, aku memang benar-benar belajar ngeblog seisinya sendiri dan telah merasakan bahwa untuk mendapatkan uang seperti layaknya seorang master itu tidak gampang, karena memang semua itu ada ilmunya. Itulah mengapa kini aku lebih suka ngeblog yang benar-benar untuk sekedar berbagi saja, jadi sekarang aku lebih asyik main diblogdetik.


Diblogdetik itu memang pakai platform wordpress tapi templat-templatnya banyak yang mengijinkan untuk memasang script meskipun tak semaksimal blogspot. Kalau diblogspot ini aku lihat-lihat sudah terlalu banyak iklan, padahal tidak menghasilkan, jadi aku jenuh sendiri sehingga aku lebih sering posting diblogdetik. Diblogdetik konsen posting aja, tak macem-macem dengan beragam iklan. Lalu gimana nasib BMW ini? apa akan ditinggalkan begitu saja? padahal blog ini kan udah diprov sama idblognetwork yakni portal iklan yang sangat diminati oleh para blogger karena konon penggasilan dari sana itu besar? Ya memang blog ini sudah diprov, tapi ya itu tadi, aku sekarang ngeblog lebih cinderung untuk sekedar berbagi aja. Tapi kalau ada uang yang datang ya jelas tidak aku tolak.

salam hormat dariku,

widhawati

Promosikan Blog Agar Banyak Pengunjung

Postingan kali ini masih seputar taktik agar blog banyak pengunjungnya, non SEO loh ya!!! Kemarin:Rutin posting sudah, Bikin Postingan Original sudah, Bahasa yang mudah dimengerti sudah, Bikin Tampilan Menarik sudah, sekarang BMW mau promosikan blog saja deh. Terkadang ada blogger yang malu dengan blognya sendiri sehingga tak mau membagikan alamat blognya kepada orang lain, mungkin karena tidak pede dengan blognya atau merasa bahwa blognya kurang bagus, tulisan yang dimuat jelek dan aneka rasa rendah diri lainnya. Baiknya sobat blogger jangan malu untuk mempromosikan blog sendiri karena untuk apa blog dibuat kalau tidak dipublikasikan. Dengan mempublikasikan blog sobat blogger akan mengetahui respon orang lain sehingga sobat blogger akan tau apa yang sebaiknya dilakukan misalnya mendapat koreksi dari pengunjung dan kemudian memperbaiki kesalahan yang dikoreksi oleh pengunjung tersebut.

Mempromosikan blog sama halnya memberitahukan blog kepada orang lain, caranya pun beragam baik cara offline ataupun online. Untuk cara offline yang sederhana sobat blogger bisa membuat brosur atau selebaran, bikin satu kemudian difotokopi sesuai kebutuhan dan sebarkan ditempat-tepat ramai, bisa juga ditempelkan diwarnet-warnet terdekat. Sobat blogger bisa juga bikin stiker kemudian ditempelkan dihelm atau dikendaraan baik sepeda ontel, motor ataupun mobil, bisa juga ditempelkan di tempat-tempat ramai atau membagikannya kepada orang lain secara gratis, asal desainnya menarik tentu orang-orang bersedia menerima stikernya dan menempelkannya. Bisa juga membagi-bagi kaos dengan sablonan alamat blognya sobat blogger. Bisa dengan cara memanfaatkan SMS gratisan, banyakan operator-operator yang menawarkan SMS gratis? Nah sobat blogger bisa memanfaatkannya untuk promosi blog.

Untuk cara online sobat blogger bisa ikutan iklan di iklan baris, banyak kok penyedia iklan gratis. Bisa juga dengan cara blogwalking yaitu dengan cara mengunjungi blog orang lain dan kemudian meninggalkan komentar. Mencantumkan link blog di jejaring social seperti facebook, twitter bisa jua di YM atau yahoo messenger. Bergabung dengan forum/mailing lists, Bertukar link (banner exchange), Publikasikan Melalui email dan Hindari penggunaan SPAM.

Bila promosi terus dilakukan akan semakin banyak orang yang tau tentang keberadaan blog tersebut sehingga peluang mendapatkan pengunjung juga semakin besar. Atau sobat blogger bisa juga membuat lomba review seputar blog sobat blogger dengan hadiah-hadiah yang menarik, dijamin deh bakalan banyak menyedot perhatian.

Untuk promosi memang terkadang butuh modal, kalau memang sobat blogger keberatan dengan cara-cara yang menuntut pengeluaran uang baiknya sobat blogger mimilih cara yang sekiranya tidak butuh modal. Biargaimanapun juga yang berbayar itu tentu dampaknya lebih berasa, tapi biargaimanapun juga kebanyakan selera Indonesia sukanya yang gratisan jadi pinter-pinternya aja untuk memilih cara promosi yang gratis namun menguntungkan.

Dulu aku waktu pertama bikin blog tutorial blogspot itu urlnya aku prin trus aku tempelin diwarnet tetangga.

salam hormat dariku,

widhawati