Resiko Yang Tak Bisa Dihindari Karena Aktif Ngeblog!

Hai teman, apa kabar? semoga sehat selalu! Adakah yang menganggap bahwa ngeblog itu hanya membuang-buang waktu, tenaga, pikiran dan uang. Rasanya dalem banget bila ada yang menganggap dan mengatai seperti itu, kususnya kepadaku. Sesungguhnya blog itu mempunyai efek samping yang menyenangkan bagi pemiliknya jadi jangan beranggapan bahwa aktifitas ngeblog itu adalah aktifitas yang sia-sia. Memang sih, Banyak Resiko yang tidak bisa dihindari Karena Aktif Ngeblog. Apa saja Resiko Yang tak Bisa dihindari karena Aktif ngeblog? semisal tambah pintar, tambah baik hati, tambah teman dan makin kreatif bahkan bisa dapat uang penghasilan loh. Untuk itu tak perlu berkecil hati bila menyandang status sebagai blogger, mungkin kita tidak kaya harta tapi mungkin kita bisa kaya hati melalui aktifitas ngeblog (oh ngeri banget bahasanya ya)

Dan tentunya blog akan berdampak positif bila sobat blogger memanfaatkannya dalam hal yang positif, terkadang ada yang bikin blog hanya untuk ulah yang tidak baik misal membuat situs porno, menyebarkan virus, binis online gadungan dan lain sebagainya. Sama-sama ngeblognya mendingan jadi blogger yang baik dan benar yang mendatangkan manfaat bagi orang lain dan bukan malapetakan bagi pihak lain.

Biar Gak Lupa dan tetap semangat ngeblog catet beberapa Resiko yang tidak bisa dihindari Karena Aktif Ngeblog, berikut ini:

#Pintar Melampiaskan Ide: buat yang masih sekolah kan lumayan kalo pinternya kebawa-bawa sampek sekolahan.

#Menambah Rasa Percaya Diri: seperti apapun tulisannya yang penting publish aja, kalo nanti dicaci ingat lagunya smash aja Tak peduli ku di-bully-Omongan lu gue beli-Cacian lu gue cuci-Dengan senyuman prestasi.

#Semakin Kreatif: Kreatif itu bukanlah karena factor keturunan atau bakat, tapi kreatif itu adalah terkait masalah mau tidaknya melakukan sesuatu. Jadi kalo kamu mau ngeblog jangan kaget kalo kamu jadi semakin kreatif.

#Dikenal Banyak Orang: kamu memang bukan artis tapi jangan kaget bila mendadak banyak prang yang kenal sama kamu karena blog kamu.

#Berpeluang Mendapatkan Uang: memang tidak dianjurkan ngeblog atas modus gila duit tapi jangan kaget kalo tiba-tiba kamu dapat duit dari blog kamu itu, ya itulah resiko!

Gimana resikonya seru kan? apa perlu dibahas per resiko agar semakin seru lagi? next time, bila ku tak lupa ku akan nyeloteh per resiko!



salam hormat dariku,

widha utawi idha

Jejaring Sosial Apa Yang Paling Kamu Suka?

Hai teman, aku mau tanya nih: Jejaring Sosial Apa Yang Paling Kamu Suka? emang kalo udah dapat jawaban mau apa? Gak ngapa-ngapain sih, cuma tanya-tanya aja dari pada gak posting sama sekali! Ini adalah cara mudah untuk menyambung rutinitas posting, yakni dengan menuangkan ide-ide yang sebenarnya tidak penting, tapi apa mau dikata penting gak penting yang penting posting! Kembali kepertanyaan ini lagi ya: Jejaring Sosial Apa Yang Paling Kamu Suka? facebook-kah, twitter-kah, google+ kah, skype-kah, atau yang lain? Kalo di Indonesia mungkin yang banyak peminatnya ya ketiga itu: facebook, twitter, google+! Dan tentu ketiganya memiliki tampilan dan fitur yang berbeda, hanya saja untuk facebook dan google+ mungkin fitur tak jauh beda tapi tampilan tetap berbeda. Dan agaknya kehadiran google+ memang akan menyaingi facebook.

Dari ketiganya teman sukannya yang mana? emang kalo udah dapat jawaban mau apa? cuma mau bilang "ya udah"!

Kalau aku suka yang mana? aku lebih sering difacebook, tapi ini bukan masalah suka gak suka, ini karena banyak teman yang pakek facebook, dari teman sd-smp-sma-kuliah-tetangga pada sering ol difacebook jadi aku menyesuaikan aja, biar tetap bisa kontek dengan teman-teman.

Terus aku sering manfaatin facebook untuk apa? paling sering untuk naruh link blog ajah, kalo untuk update facebook terlebih status yang berkeluh kesah akan balada kehidupan aku, ih sebisa mungkin dihindari.

Selain facebook aku sering ol dimana? paling-paling ditwitter @mbak_widha aja, ya modusnya sama seringan untuk ngetweet hasil postingan diblog.

Lalu aku suka ol di google+ gak? belum sih, soalnya udah kebanyakan buka tab sekali online jadi gak semua jejaring sosial aku pangkalin.

Itu aku! kalau kamu gimana?


salam hormat dariku,

widha utawi idha

Iklan-Iklan Di Dinding Diam-Diam Promosi: SMS-INTERNET-Gratis!

Postingan Iklan-Iklan Di Dinding Diam-Diam Promosi gak jauh-jauh dari Cerita Mudik-Balik: Naik Sepeda Ontel Ajah! Tanya kenapa? karena ketika naik sepeda ontel itu sudah pasti relatif pelan dan lebih clingukan sana-sini alhasil aku melihat sibiru menjeng di dinding-dinding. Siapa sibiru itu? siapa lagi kalo bukan XL! Yang terlihat mencolok adalah dibatang tubuh jembatan janti, bwehhh biru merona dan gak hanya itu dia juga merona didinding bengkel,ruko,rumah dan juga diconter-conter pulsa. Kalau diconter-conter wajar kali ya, kalau dinding rumah pribadi ya wajar juga kan dapat duit. Kalau yang dibengkel atau diruko itu, kenapa mereka tidak memanfaatkan dinding mereka untuk promosi usaha mereka sendiri ya? mungkin karena dapat uang sewa space iklan itu jadi lebih suka disewakan dari pada dipakek sendiri. Yang bikin aku bertanya-tanya adalah kalau pasang iklan didinding-dinding itu biayanya berapa sih? maaf aku tanya bukan karena mau pasang iklan, sekedar pengen tau aja, siapa tau kan bisa beli pekarangan dipinggir jalan, meski hanya secuil yang penting bisa didirikan sebuah tembok!

Pengen deh dateng ke galerinya XL di Jogja, tanya-tanya tentang promosinya itu:

Kenapa pilihnya jembatan janti?
Kenapa pilih iklan di dinding?
Catnya habis berapa kaleng?
Perdinding biayanya berapa?
Kok gak Iklan aja diblog aku?

Emangnya kalo udah dapat jawabannya mau apa? gak ngapa-ngapain sih, cuma mau bilang "oh, ya sudah".

Terkait dengan iklan XL ada yang janggal kususnya yang edisi pengemis silahturahmi itu loh.



"Pak besuk saya silahturahmi ya"

"datang aja"

"Asalamualaikum, kenalin teman-teman saya"

"kawanmu artis semua"

"keluargaku kan kaya tujuh turunan"

"kok kamu ngemis"

"aku keturunan ke delapan"

Apanya yang jangkal? ya itu, awalnya bilang teman, kok ditanggapinya kawan abis itu dijawabnya keluarga. Rasanya kan gak nyambung, enaknya dari awal bilang:

"Asalamualaikum, kenalin Keluarga saya"

"Keluargamu, artis semua"

"Keluargaku kan kaya tujuh turunan"

"kok kamu ngemis"

"aku keturunan kedelapan"

Jangan tanya kenapa aku perhatian sama iklan! karena aku memang suka nonton iklan dan sering kali bikin postingan membahas iklan diTV dan biasa pula sebut merek.

Lalu apa yang ditonjolkan sibiru itu didinding? Menurutku cuma sekedar iklan pengingat aja, tentang SMS Gratis, Internet Gratis dan sekitarnya.



Pikir-pikir postinganku malah jatuhnya kayak promosi XL ya, tapi biarinlah udah terlanjur dibikin, sayang kalo dibuang. Niat aku kan bahas Iklan-Iklan Di Dinding Diam-Diam Promosi dan kebetulan yang sering ku lihat adalah sibiru.

me twitter @mbak_widha





salam hormat dariku,

widha utawi idha

Jogja Klaten - Klaten Jogja Hanya Naik Sepeda? Hanya 3 Jam!

Ceritanya dalam sebuah postingan aku pernah  bercita-cita mudik hanya dengan sepeda ontel saja, no motor, no bus, and etc just ontel ajah. Dan alhamdulillah yah, cita-cita itu tercapai. Lalu, Kalau sudah tercapai dapat apa? Gak dapat apa-apa sih, cuma dapat secuil cerita yakni Cerita Mudik-Balik: Naik Sepeda Ontel Ajah! Emang mudik dari mana dan kemana sih? Dari Jogja ke Klaten. Ya'elah Jogja-Klaten kan dekat, cuma beberapa kilo aja kan? iya gak nyampek 1 ton, kalau dari kosku di Jogja hingga rumahku di ndeso mungkin sekitar 60km dengan total waktu tempuh 3 jam lebih-lah kalo gak pekek istirahat kalo pakek istirahat 3 jam lebih banget.

Cerita Kala Mudik:

Aku mudik hari senin tanggal 29 Agustus 2011 alias H-1 untuk yang lebaran hari selasa. Aku berangkat dari tempat singgah didaerah Tamsis pukul 04:45 dalam kondisi masih menjalankan puasa. Sesampai dibawah jembatan Janti rasanya bweehhh pengen berhenti dan tidur, tapi pikir-pikir disana banyak orang sakit (jiwa), nanti kalo aku tertidur beneran gak ada yang bangunin deh, parah-parah dkerubungi sama orang sakit (jiwa) jadinya aku bablas aja alias pakek acara istirahat, langsung hajar, genjot terus pantang direm kecuali kalo darurat. Paling suka kalo ada jalan yang menurun tapi apa mau dikata kebanyakan jalan Jogja-Solo kalau ada turun pasti ada nanjak dan juga sebaliknya.

Gak tau kenapa yang awalnya dari bawah jembatan janti brasa capek luar biasa eh tetapi walau tanpa istirahat eh malah semakin semangat, rasanya segar-segar gimana gitu. Dan kemudian didaerah kalasan dari jalan aku lihat nampak pucukan candi, dimana meski sering kali lewat situ tapi aku tak melihatnya, dan kemudian aku berfikir "awas can besuk kalo balik aku pasti cari kamu untuk melihat lebih dekat". Beberapa waktu kemudian pukul 5:50 sampailah aku dikawasan Candi Prambanan, disana dah nampak rame baik pos pemudik, polisi ataupun pengguna jalannya. Dan kemudian pukul 06:04 sampailah aku di suatu tempat yang bertuliskan "KABUPATEN KLATEN" kotaku .... susuku. Pukul 06:34 aku sampai di RS Soeradji dan kemudian genjot terus dan meninggalkan jalan Jogja-Solo untuk memasuki jalan menuju ndeso. Pukul 07:15 aku sampai dirumah tapi bukan rumahku tapi rumah teman dan akirnya aku Istirahat juga. Setelah beberapa saat istirahat sampailah aku dindesoku dirumah orangtuaku pukul 08:05.

Rencana mudik dengan sepeda ontel ini adalah rencana rahasia walau sudah aku sampaikan dipostingan dan aku sampaikan kebeberapa teman. Tapi pihak keluarga/kerabat/tetangga gak ada yang tau sebelumnya karena mereka gak tau kalau aku sukanya main blog ginian. Lalu bagaimana reaksi orang-orang sekitar sesampainya dirumah? Pertama ketika sampai dirumah teman inisial 'D', yang pasti ngekek aja, dikiranya aku punya nazaruddin kok sudi-sudinya ngontel dari Jogja. Beberapa saat kemudian ibu 'D' keluar, salaman "sugeng dhek" sambil ngekek juga. Kedua ketika sampai dirumah orangtua, sepi sekali, ku duduk dimuka bagai tamu yang masuk tanpa permisi. Beberapa saat kemudian emak pulang dari pasar mungkin, "loh wis balik to, lah mau sopo sing jemput", dengan singkat ku jawab "ngontel",

emak: "Lah tenane"

aku: "gak percoyo iku pite"

emak: "lah iku pite sopo"

aku: "pitku lah"

emak: "jan, umah wae pit akeh kok tuku meneh"

Beberapa saat kemudian embak dan emas pun datang, "bali ro sopo", "dewe, ngontel"

emas: (ngekek) "ngapusi"

aku: "la kui pite"

emas: "weh tenan to"

Dan agak siangan main ke rumah sebelah, tiba-tiba epak juga datang dan nyalamin "wis bali dha", ada embah bilang ke epak "anakmu kui loh, bali seko Jogja gur ngontel, jan kendel tenan koe nduk".

Dan kemudian ada teman sms "wis mudik rung mbul", "uwis dong, tapi cuma pakek sepeda ontel"

teman: "lah tenan pora, ngapusi to"

aku: "tenan to ya, masak wong anteng ngapusi"

teman: "wow, emang cah gemblung,aneh-aneh wae,entuk salam seko ibuku, jare muga2 ndang waras!

aku: "lah emange aku loro po"

teman: "iyo, loro jiwo"

Strategi merahasiakan rencana itu aku kira tepat, jadi biarain aja mengundang tawa atau rasa gak percaya orang yang penting peristiwa itu sudah terjadi. Kalau misal baru rencana udah pada tau dan diketawain kan jatuhnya malu sebelum tercapai.

Cerita Kala Balik:

Aku balik minggu 4 September 2011 star dari kediaman orang tua 06:45, seperti kala mudik awalnya baru beberapa jarak dah capek pengen tidur tapi lama-lama segar dan semangat. Pukul 08:33 aku sampai diprambanan dan kemudian di jalan kalasan KM 15 dimana disekitar bangjo sering kali ada waria pada ngamen, disitulah aku jajan dan cari penjual dawet yang jaraknya paling dekat untuk melihat lebih dekat para pengamen itu. Dan akirnya dengan diam-diam aku ambil fotonya, sudah lama sekali aku bercita-cita ambil gambarnya dan kemudian bikin postingan diblog, pengen juga wawancara tapi takut tergoda!!!!

Dijalan Jogja solo yang paling sering dipangkali pengamen gituan ya di kalsan KM 15 itu, mungkin karena disitu rindang jadi pada suka. Dan ada juga diRR utara. Bedanya kalu di kalasan itu relatif lebih muda dari pada yang di RR utara. Masih dijalan kalasan juga, aku mencari pucuk candi yang sempat aku lihat waktu mudik dan ternyata itu candi kalasan lokasinya dekat sekali dengan jalan raya tapi gak gaulnya aku jadi baru tau kemarin. Berhubung gak puasa aku sengaja gak langsung pulang kos, jadi waktu tempuhnya lebih lama. Dari klaten aku terus menyusuri jalan Solo Jogja hingga sampai di Tugu Jogja kemudian ke jl malioboro, alun-alun utara, tamansari, alun-alun kidul,kemudian ke tamsis tapi lagi-lagi gak pulang kos tapi ke kos teman, sampai dikos teman itu pukul 11.33.

Saat balik itu lihat: 1 kecelakaan sepeda ontel tempat dibelakang-ku (untung posisiku didepan kalo gak mungkin aku yang ketendang), 1 kecelakaan sepeda motor (2 motornya remuk), 8 orang sakit (jiwa) 2 cewek dan 6 cowok.

Yang aku bingung adalah ketika dirumah, banyak orang sekitar komentar "halah yen ngetan wae gampang, dalane mudun, sesuk nek ngulon munggah terus".

Setelah Balik di Jogja ada yang komentar "lah nek mangkat ngulon kan penak dalane mudun".

Apapun komentarnya sebenarnya aku pengen menyampaikan bahwa "kebanyakan jalan solo-jogja dan sebaliknya kalo ada nanjak pasti ada turun, kalau ada turun ada nanjak". Lagi pula tanjakannya gak parah, gak seperti jalan-jalan dipegunungan kok.

Ya itulah secuil Cerita Mudik-Balik: Naik Sepeda Ontel Ajah! Awalnya ragu bisa sampek rumah dengan tetap bersepeda ontel gak ya, aku sih nekat aja, kalo misal gak kuat sepeda dititipin aja dijalan dan kemudian naik bus, tapi ternyata kuat juga, Jadi sebenarnya apapun itu kalau "aku mau aku pasti bisa demikian juga dengan kamu"!

NB: untuk tulisan bebahasa jawa, silakan diterjemahkan sendiri yaw, kalau aku yang nerjemahin jatuhnya asyik dong, aku pengennya kan biar cerita ini gak asyik gitu!







salam hormat dariku,
widha utawi idha


Cara Mengatasi Galat: error bX-fa9wwp on blogger

Semenjak sebelum lebaran aku tlah libur posting, terakhir posting adalah ketika hendak mudik dengan cita-cita mudik dengan sepeda ontel. Dan pagi ini senin 5 September 2011 hendak login di blogger.com eh lah ternyata terjadi galat melulu dan gan bisa masuk dasbor. Agak panik tapi seketika biasa aja karena sudah teratasi, nah sebagai postingan perdana setelah libur lebaran aku bikin postingan "Cara Mengatasi Galat: error bX-fa9wwp on blogger" aja deh. Untuk mengatasi Galat: error bX-fa9wwp tidaklah sulit, dan mungkin juga sudah banyak dibahas diblog lain tapi aku tetap berbagi aja deh, simak yang mudah berikut ini:

1. Login lewat http://draft.blogger.com/home dengan menggunakan aku blogger teman-teman yaw.

2. Ganti bahasa default yang teman gunakan saat ini kedalam bahasa inggris, tempatnya di bagian pojok kanan yaw, silakan dicari.

3. Dan kemudian login kembali ke www.blogger.com

4. Dan pastinya teman-teman akan menjumpai dasbor blogspotnya kembali deh, tapi dalam bahasa inggris. Bolehkah diganti lagi kedalam bahasa Indonesia? boleh aja, tapi aku sendiri udah praktek dan ku coba ganti bahasa Indonesia eh galat lagi jadinya ya aku ganti ke bahasa inggris lagi aja deh.

Gimana gampang kan? pantinya gampang. Kenapa sih bisa terjadi galat? Biasanya karena ada update pada bloggernya sana tuh. Cukup sekian yaw, Maaf yaw gak pakek gambar, soalnya aku keburu-buru nih.... Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

*syarat ketentuan berlaku: buat blogger yang awalnya pakek bahasa Indonesia.

salam hormat dariku,

widha utawi idha