Cara Merubah Tampilan Baru Blogger.com

Hai teman-teman apa kabar, semoga sehat selalu. Ada yang sudah coba merubah tampilan blogger.comnya ke yang baru belum? gimana lebih gampang atau lebih ruwet. Aku sendiri merasa ruwet tapi lebih lengkap, kebetulan yang aku ubah blogku yang TutorialPenting. Kalo blog ini masih pakek edisi lama. Blogger dot com kini memiliki tampilan baru, gak cuma diblog sih, disemua fitur milik google. Untuk login diblogger dot com kini tampilannya agak sedikit berbeda. Ya, mungkin itulah mengapa blogger.com galat melulu beberapa waktu yang lalu, ya itu karena ada perbaruan tampilan dan sekitarnya. Kalo teman-teman mau mencoba tampilan barunya silakan dicoba dengan mengeklik tulisan update blogger interface, contoh gambar dibawah ini:





Setelah itu teman-teman klik maka kalian akan menjumpai tempilan baru, untuk tampilan baru aku dah sedikit cerita di Tampilan Baru Dasbor Blogger.com


Bila teman-teman merasa kerepotan dengan tampilan baru tersebut tinggal kembalikan saja ke tampilan lama.


salam hormat dariku,

widha utawi idha

Tip Memilih Tema Blog

Hai teman blogger, apa kabar, semoga sehat selalu. Aku mau bagi tip sederhana menurut pemikiranku yakni Tip Memilih Tema Blog! tema yang dimaksud disini adalah topik, misal tentang cinta, tentang tutorial blog, tentang berita, tentang bisnis dan lain-lain. Kalo saat ini kan Aku aktif cuma di "Ketak-Ketik Ide Sederhana" sama di BMW ini, dan baru rencana mau kembali aktif di "TutorialPenting". Pada dasarnya tema blogku yang Ketak-Ketik Ide Sederhana dan BMW ini adalah campur-campur, cuma kalo disini banyakan cerita berbagi berdasar pengalaman ngeblog dan sekitarnya, nah kalo di Ketak-Ketik itu berdasar apa yang buming misal seputar new, teknologi, dan sekitarnya. Lalu apa tipnya?

1. Pilih salah satu tema yang konsisten, misal tentang cinta saja, kesehatan saja, bisnis saja dan lain-lain. Keuntungannya: niche-nya jelas, search engine lebih berteman. (aku sendiri tidak punya blog yang seperti ini).

2. Pilih campur-campur berdasarkan sesuatu yang sedang marak diteritakan, resikonya pilih tema ini adalah kayak berita dikoran cepat basi karena begitu berita itu padam tentu tulisan sudah tidak diminati. selain itu juga kita harus selalu update info terbaru yang lagi trend. (ini lah yang aku terapkan diblogku teruma yang di Ketak-Ketik Ide Sederhana, ya nuansanya tetap opini cuma berdasarkan sesuatu yang lagi trend)

Tapi pada dasarnya apapun temanya, yang paling penting adalah teman-teman menguasai dan kalo bisa menyukai apa topik blog teman-teman itu agar supaya tetap bisa update postingan.

salam hormat dariku,

widha utawi idha

Pilih Iklan diblog yang Potensial Saja!

Hai teman blogger, apa kabar, semoga baik-baik saja! Cuma mau nanya nih, apakah kamu suka pasang beragam iklan diblog kamu? ya kalo aku dari dulu emang suka banget, tapi lambat laun kini mulai Pilih-Pilih Iklan diblog yang Potensial Saja! apa maksudnya? maksudnya yang kira-kira benar-benar ajeg menghasilkan. Kalo misal join lama, udah pasang iklanya tapi saldo tak berkutik ya tak cabut aja. Blogku yang sudah aku copot-copot sebagian iklannya adalah blog yang beralamatkan di www.tutorialpenting.blogspot.com. Selain saldonya tak berkutik, iklan yang tanyang itu sering kali iklan obat-obatan orang dewasa, nah padahal aku tau banyakan pengunjung blog-ku masih pada sekulah, jadi aku cabut aja deh. Selain itu kalo dipikir-pikir pakek mata, itu blog kalo kebanyakan link iklan rasanya tajem dimata alias gak sedap dimata.


Rencananya link-link iklan diblog ini nantinya juga akan aku kurangi, tapi nanti kalo udah berhasil dapat tempat yang potensial. Sejauh ini aku cuma ikut adsense lokal aja. Jadi ya cuma sekian rupiah aja, tapi tak mengapa-lah!

Mau tak mau pemikiran kian hari kian berubah, jadi yang dulunya aku rajin cari adsense tapi sekarang sudah endak, sekarang cenderung berusaha rajin posting aja. Biarkan ngeblogingku murni 'kesenangan sosial'. Tapi kalo ada yang mau ngasih duit tetep gak ditolak.

salam hormat dariku,

widha utawi idha

Cara RT (retweets) ditwitter

Sebelumnya udah posting mengenai Arti Singkatan Pada Twitter, sekarang bikin lagi postingan terkait twitter yakni Cara RT (retweets) ditwitter yang sebenarnya udah jadul dan udah banyak yang bahas, tapi kan tak mengapa sekedar berbagi. Dulu waktu pertama kali main twitter aku sendiri bingung ketika lihat timeline ni RT apa-an sih maksudnya apa, ternyata eh ternyata retweets yakni Ngetweet Ulang atau meneruskan tweet orang. Waktu itu bingung juga bagaimana caranya. kini RT ada 2 model, yang pencet lagsung atau yang cara jadul yakni copas. Yang tinggal pencet kayak gini nih:





Yang Model copas, jadi kalo model ini bisa nambahin komen.


Dah cuma gitu ajah!

salam hormat dariku,

widha utawi idha

Arti Singkatan Pada Twitter

Sesungguhnya aku males banget posting dihari minggu ini tapi kepaksa deh posting, seperti biasa membahas sesuatu yang sebenarnya sudah banyak yang bahas yakni Arti Singkatan Pada Twitter. Walau aku jarang memakai singkatan pada tweeter tapi sekedar tahu aja. Singkatan-singkatan yang biasa terlihat ditwitter antara lain adalah:

RT = Retweet = Ngetweet Ulang atau meneruskan tweet orang yang menurut kamu tweet itu bagus atau lucu dan perlu dibaca oleh follower (pengikut)kamu.

PRT = Please Retweet => Mohon di tweet Ulang

DM = Direct Message => Pesan Langsung atau bisa juga privat message, macam dipesbuk itu loh.

OH = Overheard => Sudah Sering Mendengar

BTW : By The Way => Ngomong ngomong: pasti dah banyak yang tau kan.

@ [username] => dipakai jika ingin membalas atau menulis pesan untuk teman atau orang lain (tanda @ wajib digunakan) : semisal @ristiae (spasi) tweet kamu gitu.

FTW = For The Win => Untuk Yang Menang, pasti udah banyak yang tau.

FTL = For The Loss => Untuk Yang Kalah, kebalian yang diatas.

BR = Best Regards => Salam Hormat

LOL = Laugh out Loud => Tertawa terbahak-bahak alias ngakak.



Masih banyak aneka singkatan lainnya, ya maklum twitter itu seolah kayak sms, bahasanya penuh dengan singkatan. Apapun singkatannya yang penting, kamu atau teman kamu ngerti artinya jadi tidak misscommunication getow lowh.

Twitterku: @mbak_widha

salam hormat dariku,

widha utawi idha