Google akan Sensor Blogger?

Lama banget aku gak mendarat diblogger, kelamaan di ketak-ketik ide sederhana (alasan, padahal memang lagi males posting di Blognya Mbak Widha yang ini), kini aku kembali dengan bertanya-tanya soal Google akan Sensor Blogger? benarkah itu? kabarnya google twitter yang memberlakukan sensor. Terkait kabar twitter memberlakukan sensor itu memang cukup menyedot perhatian, eh ternyata google juga dilaporkan memberlakukan aturan serupa di platform blog mereka, Blogger. Sebenarnya google sudah mengumumkan aturan barunya itu sejak 9 Januari namun hal itu baru menyedot perhatian ketika ada salah satu situs teknologi yang mengulasnya.

Aturan baru yang diumumkan Google tersebut mengatakan bahwa pengguna Blogger akan di-redirect ke domain sesuai negara tempat ia bermukim. Contohnya, apabila user di Australia ingin mengakses domain blogspot.com, maka ia akan diarahkan balik ke blogspot.com.au. Kenapa google menerapkan aturan yang sedemikian rupa itu? Konon google beralasan bahwa lokalisasi ini akan memungkinkan mereka untuk menghindari dampak penyensoran konten internet secara menyeluruh dan mendukung kebebasan berkespresi.

Dengan aturan yang sedemikian rupa itu maka akan lebih mudah bagi pemerintah setempat untuk menerapkan regulasinya. Semisal bila sesorang di Amerika menuliskan konten pro-Nazi, hal itu tidak jadi masalah. Namun bila yang menuliskannya adalah sesorang yang berada di Indonesia, makan konten yang terbilang ilegal itu akan mengalami penyensoran. Ya sudahlah, aku selaku blogger yang tinggal di Indonesia ngikut aja.

salam hormat dariku,

widha utawi idha

Google akan Sensor Blogger? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"