Dampak Buruk Tidur Setelah Sahur

gambar google
Habis sahur terus tidur lagi itu adalah hal yang nikmat sekali bagi sejumlah orang. Memang sih tidur itu tidak dilarang, apalagi ada istilah tidurnya orang puasa itu adalah ibadah. Tapi aman gak sih tidur setelah sahur? nyaman sih iya, tapi belum tentu aman karena tidur setelah sahur itu ada dampak buruknya loh.Apa dampak buruk tidur setelah sahur? dampaknya antara lain bakal merubah penampilan karena bisa membuat perut jadi buncit, kenapa bisa begitu? karena saat tidur tubuh jadi hemat energi dan secara otomatis lemak akan mudah tertimbun di perut dan jadilah buncit, kalo orang nabung sih dikit-dikit lama-lama menjadi bukit lah mungkin kalo tidur setelah sahur itu sedikit-sedikit lama-lama menjadi buncit.

Selain membuat perut jadi buncit, juga akan terjadi refluks, karena makanan belum dicerna maka bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi akibat kita tidur. Kalau normalnya isi lambung/maag itu akan kosong kembali sekitar dua jam setelah makan, tapi kalau posisi tubuh berada pada posisi baring, maka proses pengosongan lambung/maag akan terhambat/terlambat. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya gangguan pencernaan seperti mencret atau sembelit tergantung bahan makanan yang kita makan.

Bahanya tidur setelah sahur yang lain adalah meningkatnya resiko terkena stroke. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke.

Dengan berbagai kemungkinan dampak buruk tidur setelah sahur itu tak heran jika banyak ulama berpendapat bahwa tidur setelah makan sahur sebaiknya tidak di lakukan . Rasulullah SAW bersabda,"Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras."(HR Abu Nu'aim dari Aisyah r.a.).

Gimana, masih tertarik untuk tidur setelah sahur? postingan ini bukan untuk menakut-nakuti loh ya, ini hanya sekedar mengingatkan bahwa dari pada tidur setelah sahur mending langsung disambung dengan aktivitas lain, bisa ibadah atau aktivitas positif lainnya. Atau masih merasa tenang-tenang ajah, toh sudah tiga kali lebaran tiga kali puasa selalu tidur habis sahur tapi tetep masih sispek gitu?


salam hormat dariku,

widha utawi idha

Comments