Sosok Akil Mochtar

Bila hari ini 3 Oktober 2013 anda melihat berita di tv, membaca berita online dan lain sebagainya, maka anda pasti disuguhkan dengan berita tentang Akil Mochtar. Siapakah gerangan Sosok Akil Mochtar itu? Dia adalah seseorang yang beberapa bulan yang lalu terpilih menjadi ketua MK menggantikan Mahfud MD yang memasuki masa pensiun. Dimana sebelumnya si Akil merupakan salah satu Wakil Ketua MK yang menjabat sejak 2009. Sosok Akil Mochtar menjadi perbincangan karena Rabu malam (2/10/2013)ditangkap KPK dengan dugaan menerima suap terkait pelaksanaan pemilu kepala daerah di salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah.Biodata Sosok Akil Mochtar ringkasnya sebagai berikut:

Tempat-Tanggal Lahirnya di Putussibau 18 Oktober 1960, menyelesaikan sekolah dasar di di Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kemudian menempuh pendidikan di SMP Negeri 1 Putussibau, berpindah ke SMP Negeri 2 Singkawang dan kemudian ke SMP Muhammadiyah Pontianak. Lalu meneruskan SMA di SMA Muhammadiyah I Pontianak.

Sejak SMA sudah mulai aktif diberbagai organisasi, dia pernah menjabat ketua sejumlah organisasi di sekolahnya, mulai dari Ketua OSIS, Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah, hingga Ketua Pelajar Islam Indonesia. Setelah tamat SMA ia melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak. Saat kuliahpun ia juga aktif dalam beragam organisasi, di antaranya menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum UPB dan Komandan Resimen Mahasiswa UPB.

Selepas kuliah pun ia masih terus aktif berorganisasi, mulai dari Ketua Alumni SMA Muhammadiyah Pontianak hingga Ketua Alumni UPB. Dia melanjutkan pendidikan master di Magister Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat. Di kampus yang sama dia mendapatkan gelar doktor Ilmu Hukum.

Akil meniti karier sebagai pengacara selama kurun 1984-1999. Kala menjadi pengacara, Akil tetap masih aktif menggeluti dunia organisasi dengan memegang beberapa jabatan seperti sebagai Ketua Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) Kalbar, Sekretaris Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Pontianak, serta anggota sejumlah organisasi seperti Pemuda Pancasila dan KNPI.

Lalu pada tahun 1999, Akil terpilih menjadi anggota DPR dari Partai Golkar. Dia menjadi anggota DPR untuk dua periode yang berakhir pada 2009. Selama menjadi anggota legislatif, dia tercatat pernah menjadi ketua panitia kerja dan panitia khusus untuk sejumlah rancangan undang-undang. Di antara UU yang pernah ikut dibidanginya adalah UU Yayasan, UU Notaris, dan UU Perseroan Terbatas.

Kini 2013 ia harus berusan dengan KPK, disaat ia menjabat sebagai ketua MK. Yah, ketua MK itu ibaratnya wakil Tuhan, tapi ternyata doyan juga dengan suap. So, siapakah pejabat negeri ini yang bisa dipercaya?

*sumber tulisan kompas.nasional edisi Siapsih Akil Mochtar?

salam hormat dariku,
dr pojokan

G+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"