Selamat Jalan Nelson Mandela, Dunia Pasti Mengenangmu

Nelson Mandela (Getty Images)
Jumat (6/12/2013), Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengumumkan meninggalnya salah satu tokoh yang begitu familiar yakni Nelson Mandela:

"Dia sekarang telah beristirahat, dia sekarang damai," kata Zuma seperti dilansir AFP



Mungkin tak hanya warga Afrika Selatan saja yang kehilangan, namun juga dunia. Beliau adalah tokoh pejuang kemanuasiaan yang bisa menjadi inspirasi nyata dalam melawan ketidakadilan. Kehidupannya begitu berliku, dari menjadi tahanan hingga menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika selatan.

Pria kelahiran Mvezo, Provinsi Cape pada 18 Juli 1918 silam ini pernah menekuni profesi sebagai pengacara. Tapi ia justru menghabiskan masa hidupnya dengan mendekam dipenjara selama 27 tahun (tapi sebenarnya ia divonis penjara seumur hidup), kenapa? itu karena ia menyerukan yang namanya politik anti-apartheid. Selama dipenjarakan di Pulau Robben, ia menderita tuberkulosis dan sebagai tahanan politik kulit hitam, ia mendapatkan perawatan tingkat terendah dari pekerja tahanan. Pada tahun 1990, situasi politik di Afsel cenderung membaik. Partai ANC tak lagi dilarang dan Mandela dibebaskan.

Dia tak berhenti berjuang, hingga akhirnya menjadi presiden Afsel periode 1994-1999, selama menjabat menjadi presiden dia fokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial. Hingga akhirnya ia menjadi simbol perdamaian dunia yang mendapatkan Nobel Perdamaian pada tahun 1993 dan menerima lebih dari 250 penghargaan atas perjuangannya melawan apartheid atau diskriminasi kulit hitam di Afsel.

Namun ia hanya menjabat sebagai presiden selama satu periode saja, kemudian ia pensiun dari dunia politik ditahun 2004, sejak itulah ia bak ditelan bumi seakan menghilang dari publik, terakhir ia tampil dihadapan publik ketika final piala dunia 2010 dimana Afsel sebagai tuan rumah.

Akhirnya 5 Desember 2013, beliau menghembuskan nafas terakhir setelah 5 tahun belakangan kesehatannya memburuk, bahkan Sebelum dirawat di rumah, Mandela menghabiskan waktu selama 3 bulan dirawat intensif di rumah sakit, akibat infeksi paru-paru yang dideritanya.

Nelson Mandela memiliki 6 orang anak, Madiba Thembekile, Makgatho Lewanika, Makaziwe ,Maki, Zenani, Zindziswa. Pernah menikah 3 kali selama hidupnya.


salam hormat,
dr pojokan

Selamat Jalan Nelson Mandela, Dunia Pasti Mengenangmu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Widha

1 komentar:

  1. Semoga lancar dan diterima di SisiNya. Sudah ditunggu sopirnya tuh mbak, Paul Walker yang duluan meninggal :( :)

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"