Tomat

Tomat itu buah atau sayur sih? bisa buah, bisa sayur, yang pasti tomat alias Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum itu adalah tumbuhan asli dari Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Dimana tomat merupakan jenis tanaman yang memiliki siklus hidup singkat yang bisa tumbuh sepanjang 1 hingga 3 meter. Tomat tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.

Bagaimana sejarah tomat? tomat itu berasal dari bahasa bahasa Nahuatl, tomatl (dilafazkan: /tɔ.matɬ/). Menurut tulisan karangan Andrew F. Smith "The Tomato in America", tomat itu mungkin berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Nah, setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat itu ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga membawa tomat ke Filipina, itulah yang menjadi titik awal penyebaran tomat ke daerah lainnya di seluruh benua Asia termasuk mungkin Indonesia. Tak hanya ke wilayah Asia, Spanyol juga membawa tomat ke Eropa.

Berdasarkan penampilan tomat dikelompokan menjadi beberapa jenis:

  • granola yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),
  • gondol yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar 'Gondol Hijau' dan 'Gondol Putih', dan keturunan dari kultivar impor 'Roma') dan termasuk pula tomat buah,
  • sayur adalah tomat dengan buah biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan
  • ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

Tomat itu sendiri banyak jenisnya, dari segi warna pun beragam dimana ada yang berwarna hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), bahkan ada pula yang belang-belang. Tomat bisa dimakan buat lalapan, atau makan langsung sebagai buah atau bisa juga dibikin jus.

*sumber baca wikipedie


salam hormat,
dr pojokan

Comments